Breaking News:

CPNS 2021

UPDATE Info BKN: Siap-siap Para Guru Honorer, Jadwal Pendaftaran PPPK Mulai Mei 2021

Pembukaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) akan berlangsung di Mei 2021. Ini akan dibuka bagi guru honorer.

sscn.bkn.go.id
Tangkapan layar laman sscn.bkn.go.id 

Tribunjogja.com -Bagi Anda guru honorer yang akan ikut seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) bersiaplah dari sekarang.

Pendaftaran PPPK 2021 akan dilaksanakan mulai Mei 2021. Sementara CPNS 2021 akan dibuka mulai April.

Kementerian PAN-RB mengaku pembukaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) akan berlangsung di Mei 2021. Ini akan dibuka bagi guru honorer.

ILUSTRASI - CPNS 2021
ILUSTRASI - CPNS 2021 (dok. tribunnews)

Plt Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjanarko mengaku, setidaknya ada satu juta guru PPPK yang akan dibuka.

Pembukaan ini menjadi program Kemendikbud yang akan mengangkat kesejahteraan dan derajat para guru honorer di Indonesia. Seleksi PPPK akan dikhususkan untuk pemerintah daerah (Pemda).

"Rencananya Maret 2021 akan ditetapkan formasinya, bulan April dan Mei 2021 dibuka proses pendaftarannya," ungkap dia kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 April, Unggah Berkas Tetap Pakai Sistem Online SSCN

Sedangkan bulan Juni 2021, bilang dia, akan mulai seleksi guru PPPK. Dia menyebutkan, jumlah satu juta guru PPPK termasuk dalam kebutuhan 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun ini.

Sedangkan kebutuhan jabatannya lainnya untuk Pemda di luar guru, ada sebanyak 189 ribu posisi. Angka itu terdiri dari 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan.

"Itu juga untuk termasuk tenaga kesehatan," tutur dia. Adapun porsi instansi pemerintah pusat, lanjut dia, kebutuhannya mencapai 83 ribu. Yakni, terdiri dari sebanyak 50 persen untuk PPPK dan 50 persen CPNS untuk berbagai jabatan yang sesuai kebutuhan masing-masing instansi.

Pemerintah akan membuka perekrutan pegawai lewat seleksi CPNS/PPPK 2021 pada tahun ini.
Pemerintah akan membuka perekrutan pegawai lewat seleksi CPNS/PPPK 2021 pada tahun ini. (sscndata.bkn.go.id)

Teguh menegaskan, Kementerian PAN-RB telah berkirim surat ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait kebutuhan guru PPPK dan CPNS di tahun ini.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved