Breaking News:

Pemkot Magelang Bakal Sulap Eks MT dan Eks Tidar Theater Jadi Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan ini diharapkan mampu mengoptimalkan aset milik Pemkot dan sebagai wadah penggerak ekonomi masyarakat. 

Dok Humas Pemkot Magelang
Gedung eks-Magelang Theatre (MT) di Jalan Alun-alun Timur Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang berencana untuk membangun satu unit pusat perbelanjaan di lokasi eks Magelang Theater (MT) dan eks Tidar Theater, di Jalan A Yani, Alun-alun timur Kota Magelang.

Pusat perbelanjaan ini diharapkan mampu mengoptimalkan aset milik Pemkot dan sebagai wadah penggerak ekonomi masyarakat. 

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengatakan rencana pembangunan ini telah dirintis lama dengan tahapan yang diklaim mendetail.

Sigit menyebut bahwa pihaknya sangat hati-hati agar pemanfaatan aset ini tidak menyalahi prosedur yang ditentukan.

"Apalagi aset kita ini luar biasa, super premium, ada pusat perbelanjaan, Alun-alun, bisa tampak Gunung Sumbing di depan. Belakang kalau cerah bisa lihat Gunung Merapi dan Merbabu. Viewnya bagus, sangat menjual," kata dia, Minggu (14/2/2021). 

Pada 21 Juli 2020 telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Bangun Guna Serah (BGS) untuk pemanfaatkan tanah milik Pemkot Magelang.

Perjanjian tersebut menjadi dasar pelaksanaan pembangunan di lapangan dengan PT Grha Karya Insvestama, Jakarta.

Adapun proses ini sebelumnya telah melalui tahapan panjang sejak 2013 lalu. Mulai dari persiapan, kajian hukum, analisa daya guna, analisa kelayakan, apprasial (penilaian) dari lembaga independen sampai proses lelang/tender.

Sigit optimistis bahwa banyak manfaat yang didapat dari kerjasama ini.

Begitu pembangunan yang lima lantai selesai, Pemkot Magelang langsung memperoleh satu lantai yang nantinya untuk mall pelayanan publik.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved