Breaking News:

Pemuda Yogyakarta Ciptakan Motor Mini Unik Bergaya Klasik dari Bahan Bekas

Grill dan bumper bagian depan terinspirasi dari Fiat 1100 E, dipadukan bentuk sasis atau body dari pelat besi bekas yang dilas dan dibentuk

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Rio Pujaya bersama motor mini hasil customnya yang diberi nama 'NR'. 

TRIBUNJOGJA.COM - Inspirasi modifikasi kendaraan bermotor tidak mengenal batas, seperti yang dilakukan pemuda asal Yogyakarta, Rio Pujaya.

Ia merombak motor Suzuki Smash lawas miliknya, menjadi motor mini berbodi unik, nyentrik bergaya klasik menggunakan komponen-komponen dari bahan bekas.

Pria alumnus Jurusan Kriya Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini menjelaskan, motor modifikasi miliknya ini mengusung perpaduan konsep dua mobil klasik yakni Fiat 1100 E dan Volkswagen Beetle. 

Grill dan bumper bagian depan terinspirasi dari Fiat 1100 E, dipadukan bentuk sasis atau body dari pelat besi bekas yang dilas dan dibentuk melengkung menyerupai struktur bodi Volkswagen Beetle, yang ikonik. Bodynya dicat hitam mengkilap, kian menambah kesan klasik.

"Pelat besi yang digunakan untuk motor ini bentuknya berupa potongan-potongan, berupa pelat besi sisa. Kemudian saya buat pola menggunakan karton, saya pilih pelat besi yang bisa digunakan. Setelah bodinya terbentuk dari pola yang sudah dibuat, saya gabungkan potongan-potongan pelat besi dengan proses pengelasan, pendempulan, dan pengecatan," ujar Rio Pujaya ditemui Tribun Jogja beberapa waktu lalu.

Baca juga: Akademisi Bicara Tentang Body Shaming di Media Sosial, Punya Dampak Psikologis Serius

Dua lampu utama menggunakan lampu bekas sepeda onthel, sementara kaki-kakinya tetap memanfaatkan bawaan Suzuki Smash, namun ditopang dengan set roda berukuran 10 inci.

Jok tunggal sepeda ontel dipadu backrack berbahan besi dan kayu jati belanda, jadi pilihan Rio pada motor modifikasinya ini.

Stang lebar yang digunakan pada sepeda motor mini ini juga menambah kesan retro.

Beralih ke bagian belakang, lampu sein Honda C70 atau pitung yang berbentuk bulat tampak begitu pas di aplikasikan ke body membulat yang kental kesan klasik. Berpadu apik dengan lampu belakang Vespa PX yang jadi pilihan Rio di motor modifikasinya ini.

Soal jantung mekanis, sepeda motor karya Rio menggendong mesin bawaan Suzuki Smash berkapasitas 109,1 cc dengan transmisi empat percepatan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved