Breaking News:

Gasak Mobil Warga Juwiring, Seorang Residivis Diringkus Polres Klaten, 7 Mobil Ikut Disita

Jajaran Polres Klaten meringkus seorang residivis spesialis pencuri mobil yang kerap beraksi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
WH dihadirkan saat jumpa pers di Mapolres Klaten, Kamis (11/2/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Jajaran Polres Klaten meringkus seorang residivis spesialis pencuri mobil yang kerap beraksi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Tak tanggung-tanggung, dari tangan tersangka polisi berhasil menyita 7 unit mobil curian berbagai jenis yang berhasil dicuri oleh pelaku.

"Pelaku ini merupakan spesialis. Tersangka ini berinisial WH dia aslinya orang Temanggung, sasaran dia ini l300, karena menurut pengakuannya itu yang paling mudah untuk dicuri dan dipasarkan," ujar Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu saat jumpa pers di Mapolres Klaten, Kamis (11/2/2021).

Tingkatkan Efektivitas PJJ, Disdikpora DIY Jalankan Pelatihan Pembelajaran Daring Bagi Guru

Dalam melancarkan aksinya, lanjut Kapolres, WH hanya menggunakan kunci leter T. Sasaran yang yang kerap WH incar adalah mobil-mobil yang jauh dari pengawasan para pemiliknya.

"Jadi ada 7 kendaraan yang kita amankan dari tangan tersangka, tempat kejadian perkara (TKP) ada di beberapa daerah seperti Salatiga, Semarang, Kendal, Kalimantan dan Boyolali," ungkapnya.

Sementara, untuk di wilayah hukum Klaten, WH melancarkan aksinya pada Jumat (22/1/2021) dinihari sekitar pukul 01.15 di pinggir Jalan Pandanaran, Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Informasi yang dirangkum, Tribun Jogja, WH mencuri mobil warga setempat yang memarkir mobilnya di parkiran depan rumahnya.

Kemudian sekitar Pukul 02.15, anak korban terbangun karena mendengar suara knalpot mobilnya berbunyi.

Selanjutnya, kemudian anak korban membangunkan ayahnya atau korban untuk mengecek kendaraan yang sebelumnya diparkir di depan rumah.

Ketika mengecek, korban mendapati bahwa mobil miliknya sudah tidak ada dan akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Juwiring.

Mendapati laporan itu, jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Juwiring dan Satreskrim Polres Klaten mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari keberadaan tersangka.

UNIK, Pasutri Asal Sukoharjo Berkostum Superhero Kampanyekan Prokes di KRL Yogyakarta-Solo

"Pada saat mengamankan tersangka kita juga amankan 4 tersangka lainnya, karena untuk empat orang itu barang bukti dan kasusnya ada di Semarang, jadi kita serahkan ke polres semarang, jadi yang kita amankan yang TKP di Klaten, imbuhnya.

Menurut Kapolres, WH juga tercatat sebagai daftar pencarian orang (DPO) di lima Polres yang ada di Jawa Tengah.

"Saat melakukan penangkapan, tersangka melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur dibagian kaki," ucapnya.

Atas perbuatannya, lanjut Kapolres WH dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3e, 4e, 5e KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved