Breaking News:

Penyakit Diabetes

Awas Gula Darah Melonjak, Ini 11 Makanan dan Minuman Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Penderita Diabetes harus menghindari makanan dan minuman pantangan agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.

dok.istimewa
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Penderita Diabetes harus menghindari makanan dan minuman pantangan agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.

Sebagaimana diketahui penyakit Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah tinggi di atas normal.

Diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Pradiabetes juga dikaitkan dengan kondisi ini.  Untuk mencegah diabetes maupun pradiabetes bertambah parah dan memunculkan komplikasi atau memunculkan penyakit lainnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat.

Ilustrasi tes gula darah.
Ilustrasi tes gula darah. (https://pixabay.com)

Berikut ini adalah beragam makanan maupun minuman yang perlu dihindari penderita diabetes atau pradiabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan kadar insulin, serta meningkatkan peradangan:

1. Minuman yang dimaniskan dengan gula

Minuman manis adalah pilihan minuman terburuk bagi penderita diabetes. Pertama, minuman ini cenderung sangat tinggi karbohidrat.

Misalnya, dalam satu kaleng soda (354 ml), dapat mengandung 38,5 gram karbohidrat. Selain itu, minuman ini sarat dengan fruktosa, yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan diabetes. Melansir Health Line, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula maupun pemanis buatan dapat meningkatkan risiko kondisi terkait Diabetes, seperti penyakit hati berlemak.

Terlebih lagi, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman manis dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan lemak perut dan kadar kolesterol dan trigliserida yang berpotensi berbahaya.

Dalam studi lain pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan obesitas, mengonsumsi 25 persen kalori dari minuman fruktosa tinggi pada diet menjaga berat badan menyebabkan peningkatan resistensi insulin dan lemak perut, laju metabolisme yang lebih rendah, dan penanda kesehatan jantung yang lebih buruk.

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved