Breaking News:

Rubrik Otomotif Gaspol 52, NSR 150 Series, Motor 2-Tak Honda yang Jadi Primadona

Tak dapat dipungkiri, Honda NSR 150 series menjadi satu di antara motor sport 2-tak yang melegenda di Indonesia

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
Honda NSR New RR milik ketua HRC Jogja, Aksa Darul 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak dapat dipungkiri, Honda NSR 150 series menjadi satu di antara motor sport 2-tak yang melegenda di Indonesia. Meski era kejayaannya sudah lewat, NSR 150 series tetap menjadi primadona dan bahkan harganya semakin menggila.

Motor satu ini pernah jadi tunggangan idaman anak muda di seluruh Indonesia. Dirilis di awal tahun 90-an, Honda NSR mampu menyedot animo penggila sport bike. Kala itu, motor ini termasuk yang paling mahal ada di Indonesia dengan harganya yang relatif lebih tinggi dibanding para pesaingnya.  

Di samping harganya yang relatif tinggi dibandingkan pesaingnya, populasi Honda NSR di Indonesia pun terbilang sedikit apabila dibandingkan motor-motor yang diproduksi di Indonesia secara lokal. Ya, hal ini tentu beralasan sebab mayoritas NSR 150 series ini masuk ke Indonesia secara CBU (Completely Build Up) dari Thailand.

Dua dekade setelah terakhir kali dirilis, nyatanya NSR 150 series tak sedikitpun kehilangan pamornya. Desain sporty-nya yang tak lekang zaman, teknologi mesin canggih yang ditawarkan, nilai investasi nan menjanjikan, serta jadi nostalgia bagi para pemiliknya, menjadi alasan NSR 150 series layak jadi incaran.

Baca juga: 4 SHIO yang Diprediksi Bakal Beruntung dan Punya Hoki Bagus di Bulan Februari 2021

"Alasannya beragam sih, dari impresi berkendara ketika pernah mencoba NSR punya family atau teman. Ada pula yang nostalgia lantaran ketika masa remajanya NSR 150 series ini jadi motor impiannya yang belum terbeli," ujar Aksa Darul, ketua komunitas Honda Racing Community (HRC) Jogja kepada Tribunjogja.com beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menceritakan, beberapa seri NSR 150 pernah ia koleksi yang bergonta-ganti. Mulai dari NSR pertamanya yakni tipe R yang dibeli bekas tahun 1998, RR atau Astra, SP, dan kini tersisa satu motor yakni tipe New RR tahun 2001 alias generasi NSR 150 series paling bontot. Saudara beda versinya yakni FSX 150 pun pernah menjadi koleksinya.

"Motor terakhir saya ini NSR New RR tahun 2001. Saat saya dapat 2017 silam seharga Rp 28 juta, bisa dibilang dalam kondisi masih bahan dan saya terima kondisi mati pajak 6 tahun. Berdasar kepercayaan dengan teman di Bandung, setelah melihat foto juga rekaman video, saya putuskan ambil motor ini dan kemudian dikirimkan ke Jogja," ujar Aksa Darul.

"Nah motor ini merupakan seri terakhir dari NSR, sehingga biasa disebut NSR New RR. Tipe New RR ini justru dirilis setelah NSR SP, spek tertinggi dari Honda NSR. Jadi bisa dibilang NSR New RR ini merupakan downgrade dari NSR SP, dengan bandrol yang lebih murah," tambahnya.

Sekilas, tampilan NSR New RR ini hampir sama dengan NSR SP. Kedua motor ini tidak lagi menggunakan lampu berbentuk membulat. Tapi kaki-kakinya masih sama dengan NSR RR atau Astra.

Perbedaan lainnya yakni apabila NSR SP begitu garang dengan komponen pro arm-nya alias lengan ayun tunggal di bagian kiri, sedangkan di Honda NSR New RR ini tidak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved