Breaking News:

Jawa

Pemkab Magelang Awasi Tingkat Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19

Dinkes Kabupaten Magelang mengingatkan kepada rumah sakit rujukan COVID-19 agar waspada terhadap tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19.

TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Suasana pemaparan informasi terkait perkembangan kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Magelang, Jumat (29/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang mengingatkan kepada rumah sakit rujukan COVID-19 agar waspada terhadap tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19.

Meski kasus terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah setempat diklaim cenderung melandai, namun instansi terkait diminta untuk melakukan tindakan antisipasi terhadap penuhnya tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19

"Kami perlu ingatkan apabila jumlah keterisiannya sudah nanggung itu harus hati-hati karena apabila ada lonjakan kasus bisa tetap melayani pasien covid-19," kata dr Oktora Kunto Edhy, Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Magelang

Dia menjelaskan, saat ini dari empat rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 yang berada di Kabupaten Magelang secara umum tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19 masih terbilang wajar dan tidak menunjukkan tanda-tanda menuju krisis. 

Baca juga: Dua Karyawan Positif Covid-19, Disdukcapil Kabupaten Magelang Tutup Sementara

Pada RS Muntilan yang punya 35 tempat tidur tingkat keterisian tempat tidur disebut berada di angka 50 persen, begitu pula dengan RS Syubbanul Wathon yang punya 14 tempat tidur.

Sementara di RS Merah Putih yang punya 67 tempat tidur mengalami tingkat keterisian sebanyak 35 persen. 

"Hanya RS Aisyiyah Muntilan yang tingkat keterisiannya 90 persen. Itu mereka punya tempat tidur pasien covid-19 sebanyak 22," tambah dia. 

Menurut dia, idealnya tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19 berada di angka 60 persen.

Maka itu, saat ini rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Magelang dinilai masih mampu untuk menampung pasien covid-19

Meskipun begitu, saat ini rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah setempat disebut masih kekurangan tempat tidur pasien covid-19 untuk ICU.

Halaman
123
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved