Perkembangan Informasi Seputar CPNS 2021, Jenis dan Usulan Formasi hinga Pendaftaran

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) akan melaksanakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara

Editor: Iwan Al Khasni
https://sscndata.bkn.go.id
ILUSTRASI 

Tribunjogja.com --- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) akan melaksanakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Andi Rahadian mengatakan, pemerintah akan mengusahakan pengumuman seleksi CPNS 2021 dilakukan secepatnya.

Terkait jumlah formasi yang dibuka pada seleksi CPNS 2021, pria yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Kemenpan RB ini menambahkan, kemungkinan akan lebih banyak dibandingkan seleksi CPNS 2019.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," kata Andi saat dihubungi Kompas.com, 23 Oktober 2020.

Lantas, apa perkembangan informasi seputar CPNS 2021?

1. Jenis formasi

Passing Grade Formasi  CPNS
Passing Grade Formasi CPNS (Net)

Melansir pemberitaan Kompas.com, 10 Januari 2021, akan ada tiga formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Rincian formasinya yaitu:

- Profesi guru

- Tenaga kesehatan

- Tenaga teknis lain seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih.

2. Usulan formasi

Nadiem Makarim  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)
Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) (via kemdikbud.go.id)

Sementara itu, jumlah total usulan formasi CPNS 2021 yang masuk untuk instansi pusat sebanyak 113.172 formasi dan pemerintah daerah sebanyak 438.170 formasi.

Sedangkan khusus untuk Pejabat Pembina Kepegawaian jabatan guru, sesuai dengan kesepakatan beberapa menteri, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), akan melakukan rekrutmen mulai 2021 dengan jumlah 1  juta formasi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved