Breaking News:

Jawa

Pemkot Magelang Teken Kerja Sama dengan UNNES Semarang

Kerja sama kedua belah pihak dilakukan pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kota Magelang.

istimewa
Penandatanganan kerja sama antara Pemkot Magelang dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Kerja sama kedua belah pihak dilakukan pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kota Magelang.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan antara Nomor 130.13/4/111/2021 dan Nomor T/382/UN37/KS/2021 dan langsung ditandatangani oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman, di kompleks Gelora Sanden, Selasa (26/1/2021) lalu. 

Baca juga: Pejabat Forkompimda Kota Magelang Mulai Mendapat Vaksinasi Covid-19

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menjelaskan, kesepakatan ini sebagai landasan untuk melakukan kerjasama dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta sebagai pemanfaatan sumber daya yang ada.

Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh organisasi perangka daerah (OPD) sesuai dengan bidang yang dilaksanakan, terutama dalam pembuatan kebijakan.

Adapun OPD yang terlibat adalah Disperindag, Disdikbud, Bappeda, BPKAD dan Balitbang Kota Magelang.

"Saya minta OPD terkait yang terlibat untuk segera melaksanakan dan menindaklanjutinya," kata Sigit.

Pemkot Magelang memerlukan pendampingan dari UNNES untuk membantu proses penyusunan kebijakan seperti penyusunan rancangan dan kajian, pelaksanaan penelitian, sosialisasi dan bimbingan teknis, serta pengawasannya.

Baca juga: Pemkot Magelang Gagas Rumah Budaya, Wadah untuk Pengembangan Seni Budaya

Dengan adanya pendampingan tersebut diharapkan dapat menghasilkan implementasi kebijakan yang sesuai dengan perencanaan pembangunan daerah dan kebutuhan Kota Magelang.

"Saya imbau pergunakan waktu dan manfaatkan kerjasama ini dengan sebaik-baiknya. Harapan kita bisa meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat," imbuh Sigit.

Rektor UNNES Prof Dr. Fathur Rokhman mengemukakan, perjanjian kerjasama ini bagi UNNES merupakan wujud terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari tiga poin, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

"Kerjasama ini merupakan bentuk cerminan dua poin dari Tri Dharma, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Fathur. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved