Breaking News:

SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Gelar Career Day dengan Format Daring

Pada tahun ini, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta kembali mengadakan career day dengan format yang berbeda dikarenakan kondisi pandemi Covid-19

Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

TRIBUNJOGJA.COM - Pada tahun ini, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta kembali mengadakan career day dengan format yang berbeda dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Career day yang biasanya dilakukan secara tatap muka, tahun ini terpaksa harus dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Career day ini dilaksanakan secara khusus bagi siswa kelas XII SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dengan mengusung tema “Menyongsong Prospek Diri Bersama Perguruan Tinggi Pilihan” dengan tujuan utamanya yaitu para siswa memperoleh informasi mengenai seluk beluk seleksi masuk maupun proses studi yang ada di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terdapat di daerah provinsi DIY dan Jawa Tengah.

Baca juga: Longsor di Desa Adipuro Kaliangkrik Magelang, Warga Dengar Suara Tangisan di Balik Reruntuhan

Baca juga: Maksimalkan Metode Belajar Mengajar, Guru Dituntut Lakukan Inovasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Kegiatan career day ini merupakan bentuk aktualisasi program bimbingan karier bagi siswa kelas XII di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta sehingga diharapkan nantinya melalui terselenggaranya program ini maka para siswa mampu mengidentifikasi program studi dan potensi karier yang sesuai dengan bakat dan minat pada diri setiap siswa.

Acara career day ini berlangsung selama 5 hari, dimulai dari hari Senin, 25 Januari 2021 hingga Jumat, 29 Januari 2021.

Terdapat total 13 perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai pengisi acara career day ini, berbagai perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPN), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY),
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Ada juga Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas AMIKOM Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda (STIKES Bethesda), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN (STIE YKPN), Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta (STIPRAM Yogyakarta), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM Yogyakarta (STMIK AKAKOM), dan Victoria Hotel School (VHS).

Pada Senin 25 Januari 2021, telah dilaksanakan career day pada hari yang pertama dengan pengisi materi yaitu dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPN). Materi dari UNY dibawakan oleh Dr Erwin Setyo Kriswanto SPd MKes selaku Sekretaris Kantor Layanan Admisi UNY.

Sedangkan materi dari UPN disampaikan oleh Marcus Kusmardijanto SSos selaku Pranata Humas Ahli Muda UPN. Kegiatan career day terlebih dahulu diisi dengan sambutan dari Dr Sri Sulastri MPd selaku Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang kemudian bersamaan dengan itu juga sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Selanjutnya, langsung diisi materi oleh pemateri dari UNY dan dilanjutkan dengan UPN.

Baca juga: Menkumham Sebut Covid-19 Jadi Momentum Tepat untuk Tingkatkan Pelayanan Imigrasi

Baca juga: Pejabat Forkompimda Kota Magelang Mulai Mendapat Vaksinasi Covid-19

Dalam setiap sesinya di masing-masing perguruan tinggi, para siswa terlebih dahulu menyimak penyampaian materi yang disampaikan, lalu dilanjutkan dengan tanya jawab berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang
dapat diajukan secara langsung kepada pemateri maupun bisa juga pertanyaan diketik dalam kolom chat pada zoom meeting.

Selain itu, terdapat juga pemutaran video profil UNY dan UPN untuk memberikan gambaran yang lebih jelas terkait seluk beluk perkuliahan dan fasilitas yang ada di perguruan tinggi tersebut.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB.

Dalam hal ini, para siswa diwajibkan untuk mengisi presensi secara online sebagai salah satu kelengkapan dokumentasi data yang dibutuhkan dari kegiatan ini.

Program ini masih akan terus dilanjutkan bersama dengan para pemateri dari 11 perguruan tinggi swasta lainnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved