Breaking News:

Menkumham Sebut Covid-19 Jadi Momentum Tepat untuk Tingkatkan Pelayanan Imigrasi

Menurut Yasonna, selama pandemi Covid-19, kantor-kantor imigrasi di Indonesia telah memberikan pelayanan yang memuaskan.

DOK. Humas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta
Agenda pemotongan tumpeng dalam acara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta, Selasa (26/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manuisa (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, pandemi Covid-19 harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan pelayanan imigrasi.

“(Hal itu) seperti program tujuan Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, yakni penegakan dan pelayanan hukum serta program dukungan manajemen,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Rabu (27/1/2021).

Yasonna berpesan kepada seluruh pegawai Kantor Imigrasi untuk senantiasa patuh dan teguh dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

“Jadikan apa yang saudara lakukan sebagai bagian dari ibadah untuk Tuhan yang Maha Esa. Kondisi Covid-19 jangan Anda jadikan sebagai penghalang untuk berkreasi dan berinovasi,” tuturnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Yasonna secara daring dalam acara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta, Selasa (26/1/2021).

Turut hadir dalam acara, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Budi Sarwono, pejabat struktural divisi keimigrasian, divisi administrasi, divisi pemasyarakatan, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Andry Indrady beserta jajaran.

Selain secara langsung, peringatan tersebut juga dilakukan secara virtual yang terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham Republik Indonesia (RI) di  Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Yasonna tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pegawai di kantor imigrasi. Menurutnya, selama ini kantor-kantor imigrasi telah bekerja dengan baik dan memberikan hasil memuaskan.

“Sebagai penjaga gerbang dan garda terdepan keluar-masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kantor imigrasi telah mengukir capaian yang membanggakan pada 2020,” kata Yasonna.

Selain memberi pelayanan baik, sambung Yasonna, kantor imigrasi juga mendukung penerapan era digital 4.0 yang memberi kemudahan proses keimigrasian.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Andry Indrady menyampaikan, Kantor Imigrasi Yogyakarta telah melakukan pencapaian luar biasa dalam membangun zona integritas.

“Kami telah mendapat predikat wilayah bebas korupsi (WBK). Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta turut serta sebagai salah satu satuan kerja dengan nilai indikator pelaksanaan anggaran terbaik di seluruh Indonesia,” papar Andry.

Lebih lanjut, Andry mengatakan, target Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta selanjutnya adalah membangun zona integritas untuk meraih predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

“Kami akan terus berdedikasi dan berintegritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari, serta terus berinovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Andry.

Sebagai informasi, acara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Yasonna, diikuti peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved