Breaking News:

Otomotif

Piaggio Zip : Dulu Tak Dilirik, Sekarang Jadi Menarik

Jika sebelumnya harga skutik bekas ini berkisar di antara Rp 7 jutaan, di tahun 2021 ini harganya melambung hingga belasan juta rupiah.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Piaggio Zip milik Wegig Panji Wisnu Gati 

TRIBUNJOGJA.COM - Piaggio Zip, skutik mungil entry level yang sempat dipasarkan di Indonesia pada medio 2010-an harganya perlahan-lahan merangkak naik.

Hal itu seiring komunitas bermunculan, bengkel yang menangani semakin banyak, juga pamornya naik berkat kekuatan sosial media.

Saat awal mengaspal di Indonesia, tak dipungkiri pamor Piaggio Zip cenderung kalah dari saudara senegaranya, Vespa series berbodi klasik yang juga turut dipasarkan bersamaan.

Di sisi lain, harga beli Piaggio Zip yang relatif lebih mahal dibanding motor matic pabrikan Jepang kala itu, membuat populasinya pun tak banyak.

Baca juga: Keren, Kisah Pria Penggemar Vespa Ini, Mulai dari Nol Hingga Punya Bengkel Spesialis Skuter Sendiri

Hal tersebut diamini oleh Wegig Panji Wisnu Gati, Piaggio Zip Enthusiast dari ZIP Syndicate Joglosemar.

Diceritakannya, Piaggio Zip pertamanya ia beli second pada tahun 2015.

Sekira enam bulan, skutik mungil asal pabrikan Italia tersebut kemudian ia jual kepada temannya yang berminat, dengan harga yang sama saat ia beli yakni Rp 7 juta.

"Saya tahu Piaggio Zip ini awalnya lewat forum di Kaskus, dan ketika itu di Jogja memang belum begitu banyak karena basicnya Zip itu di area Jabodetabek," ujar Panji.

"Nah OTR Piaggio Zip di Jogja ketika 2012 itu di angka Rp 15-17 jutaan. Lebih tinggi harganya dibanding motor matic lainnya saat itu, jadi mungkin itu yang menyebabkan peminatnya kurang," lanjutnya.

"Jadi awalnya penasaran, Piaggio kok bentuknya kecil juga unik, dan impresi pertama naik zip itu motornya enak banget, irit juga, berbeda dengan motor matic lainnya," lanjutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved