Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

Rencana Pembangunan Pasar Rakyat Diharapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi Warga Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo berencana akan membangun Pasar Rakyat di kawasan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani
Penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Pemkab Kulon Progo dengan PT Angkasa Pura I di Ruang Sermo, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (21/1/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo berencana akan membangun Pasar Rakyat di kawasan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo

Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Oleh sebab itu, untuk mewujudkannya telah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkab Kulon Progo dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara YIA terkait pengembangan ekonomi, pariwisata, budaya dan teknologi informasi. 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Kulon Progo Sutedjo dan PTS General Manager Bandara YIA Taochid Purnomo Hadi didampingi Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana dan Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati. 

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Perketat Perlindungan Tenaga Kerja

Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan dengan mendayagunakan keberadaan Bandara YIA itu dengan semaksimal mungkin diharapkan dapat memberikan peluang kepada masyarakat. 

Dengan demikian, mereka memiliki akses untuk melakukan aktivitas ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. 

Terlebih, pasar rakyat itu rencananya akan dibangun di atas Underpass Bandara YIA yang memiliki panjang kurang lebih 1 km. 

"Sehingga kalau space itu tidak digunakan sayang sekali. Dari situ mulai ada pembicaraan-pembicaraan diantara kami untuk membuat pasar rakyat itu. Sebab selain menjual berbagai macam kuliner akan ada kerajinan dan produk lokal di Kulon Progo ini" terang Sutedjo usai penandatanganan MoU di Ruang Sermo, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (21/1/2021).

Apalagi pasar itu berada di kawasan luar Bandara YIA yang dapat diakses oleh masyarakat umum. 

Di samping memberikan peluang bagi masyarakat untuk berjualan, Pemkab Kulon Progo nantinya juga akan mendapatkan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir. 

Baca juga: HUT ke-68 DPRD Kulon Progo Diharapkan Tetap Menjalankan Fungsi Regulasi, Budgeting dan Pengawasan

Sebab tren masyarakat yang mengunjungi Bandara YIA tidak hanya berwisata melainkan melihat pesawat yang akan landing maupun take off. 

Sutedjo berharap rencana tersebut segera bisa direalisasikan sembari melakukan pembahasan dengan dinas terkait.

PTS. General Manager PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi mengatakan pihaknya mendukung program pasar rakyat dari Pemkab Kulon Progo tersebut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. 

"Kami mendukung inisiatif pak Bupati terkait pasar rakyat yang dibangun di atas underpass Bandara YIA. Sehingga diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa dilaksanakan," ucapnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved