Breaking News:

Pandemi Covid 19

BioNTech Umumkan Vaksin Pfizer Efektif Lawan Varian Baru Covid-19

BioNTech Umumkan Vaksin Pfizer Efektif Lawan Varian Baru Covid-19 yang Muncul di Inggris dan Afrika Selatan

Editor: Hari Susmayanti
SHUTTERSTOCK/Nixx Photography
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). 

TRIBUNJOGJA.COM, BERLIN – Kemunculan varian baru covid-19 di Inggris dan Afrika Selatan sempat menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Sebab, dikhawatirkan vaksin yang selama ini dibuat oleh sejumlah perusahaan tidak efektif untuk melawan kemunculan varian baru tersebut.

Namun kekhawatiran tersebut nampaknya tak terbukti. Sebab, vaksin covid-19 yang diproduksi Pfizer dinyatakan berhasil melawan varian baru virus Corona yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Keberhasilan vaksin Pfizer melawan varian baru covid-19 ini diumumkan langsung oleh BioNTech.

Hal itu terungkap melalui temuan dari hasil studi pendahuluan.

BioNTech mengumumkan hasil temuan awal itu pada Jumat (8/1/2021) sebagaimana dilansir dari AFP.

“Antibodi dari orang yang telah menerima vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer-BioNTech secara efektif menetralkan SARS-CoV-2 dengan mutasi kunci yang juga ditemukan pada dua strain yang sangat mudah menular," kata BioNTech.

Baca juga: Rekor Penambahan Kasus Harian Covid-19 Tembus 10.000, Epidemiolog : Puncaknya Belum Bisa Ditebak

Baca juga: Komisi A DPRD DIY Desak Pemda Bantu Kebutuhan Pangan Bagi Mereka Yang Isolasi Mandiri

Diberitakan sebelumnya, varian baru virus corona yang berasal dari Inggris dan Afrika Selatan itu disebut berkali-kali lipat lebih menular daripada varian sebelumnya.

Varian baru virus corona B117, yang muncul di Inggris akhir tahun lalu, telah terbukti lebih menular antara 40 hingga 70 persen daripada varian virus corona sebelumnya.

BioNTech mengatakan, penelitian yang dilakukan oleh Pfizer dan University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa mutasi varian baru virus corona di Inggris dan Afrika Selatan tidak menciptakan resistensi terhadap respons imun yang diinduksi oleh vaksin Pfizer-BioNTech.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved