CPNS 2021

Formasi Guru Tetap Ada di CPNS 2021, Mendikbud Nadiem Makarim Dorong Guru Honorer Daftar PPPK

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mendorong guru honorer untuk melamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Mendikbud Nadiem Makarim 

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, memberikan klarifikasi bahwa formasi guru tetap akan ada di CPNS 2021.

"Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," tulisnya di Instagram @nadiemmakarim, Selasa (5/1/2021).

"Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Akan Ada karena Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," lanjutnya.

Baca juga: Penyebab Berakhirnya Kontrak PPPK, Pengganti Formasi Guru yang Ditiadakan di CPNS 2021

Meski demikian, Nadiem menjelaskan bahwa tahun ini pemerintah fokus pada perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK.

Melalui unggahan tersebut, Nadiem mendorong agar guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru mendaftar menjadi guru PPK.

"Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPN," jelasnya.

Nadiem menambahkan, "Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya."

ILUSTRASI
ILUSTRASI (https://sscndata.bkn.go.id)

Pada pemaparan yang dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa pemerintah akan merencanakan rekrutmen PPPK untuk guru di tahun 2021.

Pemaparan Menteri PANRB tersebut tertanggal 23 November 2020 dan dapat diakses umum melalui laman resmi Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kerja Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam dokumen pemaparan, disebutkan bahwa Kemdikbud pada tahun anggaran 2021 merencanakan adanya rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru.

Baca juga: GAJI dan Tunjangan PPPK Golongan I,II,III,IV, Penganti Rekrutmen CPNS Guru

Terdapat tujuh poin dari pemaparan tersebut, berikut selengkapnya Tribun Jogja bagikan dilansir dari laman p3gtk.kemdikbud.go.id:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku Instansi pembina Jabatan Fungsional Guru pada Tahun Anggaran 2021 merencanakan melakukan rekrutmen PPPK untuk Tenaga Guru.

2. Dengan melalui jalur PPPK, maka persyaratan usia pelamar dari 20 tahun s.d.1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang dilamar (untuk guru s.d. 59 tahun).

3. Sampai dengan saat ini, baru174.077 formasi Guru PPPK yang telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah (32 Provinsi, 370 Kabupaten, dan 89 Kota).

Ilustrasi
Ilustrasi (Instagram KemenpanRB)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved