Breaking News:

Sulawesi Selatan

Densus 88 Amankan 20 Terduga Teroris di Makassar, 2 Ditembak Mati

Sebanyak 20 orang terduga teroris diamankan oleh tim gabungan Densus 88 dan Polda Sulsel di Perumahan Villa Mutiara Biru, Makassar

Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/HIMAWAN
Lokasi penangkapan terduga teroris yang ditangkap di perumahan Villa Mutiara Biru, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAKASSAR - Sebanyak 20 orang terduga teroris diamankan oleh tim gabungan Densus 88 dan Polda Sulsel di Perumahan Villa Mutiara Biru, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021).

Dari 20 terduga teroris yang diamankan, dua di antaranya tewas tertembak petugas.

Para terduga teroris yang diamankan tersebut diduga merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel.

"Adapun keterlibatan dari dua orang meninggal yang melakukan perlawanan tersebut bahwa kedua tersangka dan jaringannya yang terpusat di Villa Mutiara merupakan jaringan JAD," ujar Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam saat konferensi pers di sekitar lokasi penangkapan, Rabu siang.

Merdisyam mengungkapkan, 20 terduga teroris itu ditangkap di beberapa rumah di Villa Mutiara Biru.

Selain dua terduga teroris yang tewas, satu terduga lainnya juga ikut tertembak, tapi saat ini masih menjalani perawatan.

Selain terlibat dalam peristiwa pengeboman gereja di Jolo, Filipina, 20 terduga teroris yang ditangkap itu merupakan bagian pendukung khilafah yang berafiliasi dengan ISIS.

Baca juga: Dua Terduga Teroris Tewas Saat Disergap di Makassar, Diduga Terkait Pengemboman di Filipina

Baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris yang Jadi Buronan Sejak 2001 Silam, Ditangkap di Lampung

Mereka melakukan baiat bersama ratusan warga lainnya pada 2015 di Pondok Pesantren Ar Ridho pimpinan Basri.

Pada 2016 , kata Merdisyam, kelompok ini juga hendak berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS walau bisa digagalkan di Bandara Soekarno Hatta.

"Kemudian juga melakukan kajian khusus pendukung Daulah (JAD) di Villa Mutiara yayasan Ar Ridho," ucap Merdisyam.

Sebelumnya diberitakan dua orang yang diduga teroris tewas saat ditangkap di Jalan Boulevard, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021) pagi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan dua terduga teroris tersebut merupakan jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada 20 Terduga Teroris Ditangkap di Villa Mutiara Makassar, 2 Tewas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved