Breaking News:

Budi Gunadi Sadikin Jadi Menteri Kesehatan, Ini Respon dan Harapan IDI

Menteri Kesehatan adalah posisi manajerial yang akan mengatur jalannya kementerian mengatasi berbagai persoalan kesehatan

Dok. BNPB via kompas.com
Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, menilai bukan sebuah masalah jika Menteri Kesehatan (Menkes) bukan berlatar belakang tenaga kesehatan.

Menurut dia, posisi Menteri Kesehatan adalah posisi manajerial yang akan mengatur jalannya kementerian mengatasi berbagai persoalan kesehatan.

“Saya kira dokter yang ahli manajemen bagus, orang manajemen yang kemudian paham dan berusaha maksimal memahami permasalahan kesehatan juga bagus menurut saya,” ucap Zubairi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

“Yang penting kan team work-nya, nanti bagaimana dia merekrut pembantunya yang harusnya memang ahli dalam bidang kedokterannya sehingga keputusannya menjadi bermanfaat,” kata Zubairi.

Baca juga: Guru Besar FH UGM Eddy Hiariej Dilantik sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, Ini Respon UGM

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan, ia menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir yang menjabat sebagai menteri.

Selain itu, Budi Gunaidi juga dipercaya menjadi Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN).

Zubairi yang juga menjabat Ketua Satgas Covid-19 IDI menuturkan, seorang menteri harus paham bidang kerja.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden )

Zubairi yakin dengan tim yang solid Budi bisa menyesuaikan diri dengan bidang kerjanya.

“Saya kira Pak Budi Gunadi ini sebelumnya track record-nya bagus, namun kemudian harus dibantu oleh tim yang kuat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di Indonesia,” ucap Zubairi

Halaman
12
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved