Breaking News:

Berita Kesehatan

9 Penyebab Kram Perut di Luar Siklus Haid : dari Hamil, Radang, Keguguran Hingga Kista

Ada banyak kondisi yang dapat memicu kram perut - dan meskipun banyak yang normal, beberapa mungkin berbahaya dan memerlukan perhatian medis

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
NET
Ilustrasi kram perut 

TRIBUNJOGJA.COM - Kram perut biasa dialami oleh perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Tapi kram perut bisa juga terjadi di luar masa haid. Apa saja penyebabnya?

Ada banyak kondisi yang dapat memicu kram perut - dan meskipun banyak yang normal, beberapa mungkin berbahaya dan memerlukan perhatian medis.

Berikut adalah sembilan alasan Anda mungkin mengalami kram saat tidak sedang menstruasi, dan beberapa tip untuk mengetahui apa yang menyebabkan kram Anda.

1. Ovulasi

Kram ovulasi terjadi ketika salah satu ovarium melepaskan sel telur sebagai bagian dari siklus menstruasi bulanan Anda. Sekitar satu dari lima wanita mengalami kram saat mereka berovulasi.

Kram ini biasanya muncul sekitar 14 hari sebelum menstruasi dan bisa terasa seperti nyeri tajam atau nyeri tumpul.

Kram ovulasi biasanya hanya terjadi di satu sisi perut bagian bawah dan dapat berlangsung hanya dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

Baca juga: Tips Mudah Meredakan Nyeri Perut Saat Haid

2. Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang tumbuh di dalam atau di sepanjang luar ovarium Anda.

Kista ovarium relatif umum, mempengaruhi sekitar satu dari lima wanita di AS, dan yang kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Tetapi kista ovarium yang lebih besar dapat menyebabkan kram hebat di perut bagian bawah, biasanya tepat di sisi tempat kista tumbuh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved