Breaking News:

Kulon Progo

Pantau Destinasi Wisata Pantai, Sarlinmas Wilayah V Kulon Progo Terjunkan 43 Personil

Seluruh personil itu nantinya akan diterjunkan di lima titik rawan keramaian diantaranya di Pantai Glagah dan Pantai Congot.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 43 personil Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo akan diterjukan untuk memantau penerapan Protokol Kesehatan (prokes) di destinasi wisata pantai selama libur Natal 2020 dan Tahun baru 2021.

Seluruh personil itu nantinya akan diterjunkan di lima titik rawan keramaian diantaranya di Pantai Glagah dan Pantai Congot yang berada di Kapanewon Temon. 

Koordinator SRI Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko mengatakan pemantauan prokes di destinasi wisata pantai dilakukan agar tidak timbul klaster wisata

"Nanti apabila ditemukan wisatawan yang melanggar akan kami beri sanksi sosial kepada mereka untuk memberikan efek jera," kata dia Senin (21/12/2020).

Baca juga: Gugas Covid-19 Kulon Progo Bakal Bubarkan Kegiatan yang Timbulkan Kerumunan Saat Nataru

Terlebih sanksi sosial itu berupa membersihkan lingkungan pantai untuk kemudian dilakukan edukasi agar tidak kembali melanggar prokes di destinasi wisata

"Kami nantinya juga akan memasukkan data pelanggar ke aplikasi Jogja Patuh," imbuh Aris. 

Lebih lanjut kata dia, setiap pihaknya melakukan operasi penegakan prokes sebanyak 80 orang bisa terjaring dalam operasi tersebut. 

Bahkan jumlah tersebut bisa lebih banyak ketika libur akhir pekan maupun libur nasional. 

"Mereka biasanya ditangkap karena tidak menggunakan masker. Ataupun menggunakan masker tapi tidak secara benar di lingkungan wisata pantai," ungkap Aris. 

Ia melanjutkan, selain memantau prokes personil tersebut juga memantau keselamatan wisatawan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan di lingkungan pantai. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved