Breaking News:

Sleman

Wisata di Jarak Aman Merapi Dipastikan Aman Dikunjungi

Pemda DIY menyatakan bahwa hingga saat ini Yogyakarta masih membuka diri bagi wisatawan domestik yang hendak berkunjung ke Yogyakarta.

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Wisatawan menikmati suasana di Pallatina Glamping belum lama ini. Pengelola wisata di jarak aman di kawasan Merapi memastikan bahwa tempat wisata di area tersebut aman untuk dikunjungi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menjelang masuknya libur panjang akhir tahun sejumlah destinasi wisata di seputaran kawasan aman dari Gunung Merapi mulai berbenah.

Pengelola telah menyiapkan fasilitas protokol kesehatan dan memastikan bahwa destinasi di kawasan itu aman dikunjungi. 

Satu di antara destinasi wisata favorit di kawasan itu yakni Pallatina Glamping akan memberlakukan pembatasan pengunjung guna menjaga jarak dan pemberlakuan protokol kesehatan di tempat tersebut. 

Stepanus Prabowo, Manajer Operasional Pallatina Glamping yang berlokasi di Dusun Petung, Cangkringan dan berjarak 8-9 km berharap wisatawan tidak perlu cemas akan pemberitaan Merapi. 

Sebab, pihak berwenang dalam hal ini Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG telah merekomendasikan jarak bahaya Merapi yakni sejauh 5 kilometer. 

Baca juga: Perayaan Nataru di DI Yogyakarta, Wisata Sekitar Gunung Merapi Masih Tutup

Pihaknya selaku pelaku wisata di sekitar Cangkringan telah mendapatkan surat edaran dari Pemda Sleman bahwa daerah Umbulharjo dan Petung merupakan wilayah aman untuk dikunjungi.

Jeep Lava Tour, restoran, dan tempat wisata di sekitar juga masih beroperasi. 

"Kami selalu memantau status Merapi, berdiskusi dengan pihak berwenang, dan memberikan update kepada tamu. Sejauh ini kondisi Merapi masih terpantau aman dari tempat kami," ungkapnya, Senin (14/12/2020). 

Sementara itu, rekomendasi BPPTKG menyebutkan prakiraan daerah bahaya berada di radius 5 Kilometer meliputi Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor); Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem); Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari) di Kecamatan Cangkringan Sleman. 

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta juga menyatakan bahwa hingga saat ini Yogyakarta masih membuka diri bagi wisatawan domestik yang hendak berkunjung ke Yogyakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved