Breaking News:

Pembangunan Jogja Smart Province Dimulai di 4 segmen awal, Mulai Margo Utomo Hingga Krapyak

Tim Penyusunan Rencana Strategis Jogja Smart Province, Dr Wing Wahyu Winarno MAFIS menjelaskan pembangunan Jogja Smart Province dimulai

IST
Dr Wing Wahyu Winarno MAFIS 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tim Penyusunan Rencana Strategis Jogja Smart Province, Dr Wing Wahyu Winarno MAFIS menjelaskan pembangunan Jogja Smart Province dimulai dari beberapa segmen atau daerah.

Terdapat 4 segmen yang mengalami pembangunan lebih awal, yakni Jalan Margo Utomo, Jalan Margo Mulyo, Keraton Yogyakarta, dan Krapyak Plengkung Gading.

Namun demikian, ungkap Wing, bukan berarti di selain keempat daerah ini tidak dilakukan pembangunan Jogja Smart Province.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Gunungkidul : Tambahan 6 Kasus Baru dan 2 Kasus Sembuh Hari Ini

Baca juga: Masih Ada Warga Tak Sepakat Ganti Untung Proyek Jalan Tol, Pemerintah DIY Serahkan Penuh Ke Satker

“Di daerah lain sudah ada dan tersambung juga, nanti akan dilanjutkan dengan daerah lain lagi,” ujar Wing kepada Tribun Jogja.

Pengajar di STIE YKPN ini menyebutkan, tantangan terbesar Jogja Smart Province saat ini justru berasal dari pemanfaatan teknologi oleh masyarakat yang belum berjalan optimal.

“Masyarakat masih ada yang belum memanfaatkan dengan baik. Misalnya QRIS (pembayaran elektronik) kan sebenarnya lebih mudah, tapi masyarakat masih sulit untuk ke situ. Lalu misalnya Jogja Pass, kalau banyak warga yang menerapkan ini akan lebih mudah untuk melakukan pelacakan kasus Covid-19. Meskipun banyak (aplikasi) tapi belum banyak yang memakai,” bebernya.

Adapun terkait infrastruktur berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) yang dibangun menurutnya hingga kini sudah cukup.

Bahkan, di beberapa sektor seperti pendidikan dan perdagangan mengalami percepatan pembangunan karena kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Bupati Sutedjo Minta Kadin Dorong Pengusaha Kulon Progo untuk Ambil Bagian di YIA

Baca juga: UPDATE Pilkada Magelang : Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Pilkada Kota Magelang Selesai Hari Ini

Sejauh ini, ungkapnya, sosialisasi Jogja Smart Province masih dilakukan kepada masyarakat melalui sistem itu sendiri.

Misalnya, dari aplikasi Jogja Pass ada informasi peningkatan jumlah Covid-19 hari ini cukup mengkhawatirkan, sehingga masyarakat diimbau waspada.

Lalu, untuk lalu lintas dapat diamati melalui CCTV jika antrean terlalu panjang.

Maka akan dikendalikan dari media center terkait pengaturan lampu APILL, sehingga antrean tidak terlalu panjang.

“Walaupun oleh masyarakat tidak kelihatan, tetapi sistemnya sudah berjalan seperti itu. Yang sudah berjalan ini akan ditambahkan lagi. Diharapkan DIY menjadi smart area yang nyaman untuk semua,” tandasnya. (uti)

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved