Pilkada Serentak 2020

Link Quick Count Pilgub di 9 Provinsi, Mulai dari Sumbar, Kalsel Hingga Sulteng

Sebanyak 270 daerah di seluruh Indonesia hari ini, Rabu (/12/2020) menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Editor: Hari Susmayanti
dok.istimewa
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 270 daerah di seluruh Indonesia hari ini, Rabu (/12/2020) menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Pilkada serentak 2020 ini meliputi pemilihan bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota serta gubernur dan wakil gubernur.

Sejumlah daerah yang melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di antaranya Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar diikuti empat pasangan calon.

Mereka yakni Mahyeldi-Audy yang diusung PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar diusung Golkar, PKB dan Nasdem, serta Mulyadi-Ali Mukhni diusung Demokrat-PAN.

Sementara Pilkada Jambi diikuti tiga pasangan cagub dan cawagub yakni Al Haris-Abdullah Sani (Haris-Sani), Cek Endra - Ratu Munawaroh (CE-Ratu) dan calon petahana, Fachrori Umar-Syafril Nursal (Fachrori-Syafril).

Di Bengkulu, pemilihan gubernur dan wakil gubernur diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno yang diusung PAN, Nasdem dan Hanura, pasangan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah yang diusung Golkar, PKS, PDIP, PPP dan Demokrat serta pasangan Agusrin Maryono-Imron Rosyadi yang diusung Gerindra, PKB dan Perindo.

Kepulauan Riau diikuti oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Isdianto-Suryani, Ansar Ahmad-Marlin Agustina dan Muhammad Suryo Respationo-Iman Sutiawan.

Kemudian Kalimantan Tengah diikuti oleh dua pasangan yakni Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Kalimantan Selatan diikuti oleh dua pasangan yakni gubernur petahana H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang berpasangan dengan H Muhidin serta pasangan H Denny Indrayana dan H Difriadi.

Kalimantan Utara diikuti oleh tiga pasangan yakni Udin Hianggio-Undunsyah, Irianto Lambrie-Irwan Sabri dan Zainal A Paliwang-Yansen Tipa Padan.

Sulawesi Utara diikuti tiga pasangan calon yakni Olly Dondokambey-Steven Kandouw (PDI-P, PSI, PKB, PPP, Partai Perindo dan Partai Gerindra), Christiany E Paruntu-Sehan Salim Landjar (Partai Golkar, PAN, dan Demokrat) dan Vonny Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (Partai Nasdem dan PKS).

Sedangkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah diikuti dua pasangan calon yakni Mohammad Hidayat Lamakarate - Dr.Ir.Bartholomeus Tandigala dan pasangan Rudy Mastura - Drs Ma'mun Ami.

Tentunya konstelasi politik di sembilan provinsi tersebut menarik untuk diikuti siapa yang nantinya akan memenangkan pilkada serentak 2020 ini.

Baca juga: Kustini - Danang Kompak ke TPS Jalan Kaki dan Berpakaian Putih

Baca juga: Anggota Brimob Sempat Datangi TPS 8 Tempat Cabup Sunaryanta Gunakan Hak Pilihnya

Baca juga: Calon Wali Kota Magelang, Aji Diantar Ayahnya, Wali Kota Magelang Mencoblos di TPS

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved