Breaking News:

Dekayu, Berawal dari Ide Manfaatkan Limbah Kayu

Berbekal semangat dan keinginan berwirausaha, Yaniar Fernanda mengawali bisnis kerajinan kayu sebagai usaha rintisan pada 2017.

Dok. Humas JNE
Owner Dekayu Yaniar Fernanda berbincang dengan host saat taping konten Youtube JNE, Selasa (8/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.com – Berbekal semangat dan keinginan berwirausaha, Yaniar Fernanda atau yang akrab dipanggil Nia mengawali bisnis kerajinan kayu sebagai usaha rintisan pada 2017. Bisnis rintisan itu dia namakan dengan brand "Dekayu".

Dari melihat potongan-potongan limbah kayu yang dihasilkan para pengrajin, ide Nia muncul untuk membuat lampu kayu.

Bukan lampu kayu biasa, tetapi lampu kayu custom yang dapat dipesan sesuai dengan keinginan atau desain dari pembelinya.

Seiring dengan permintaan pasar dan pelanggan Dekayu yang semakin kompleks, Nia mulai mengembangkan produknya menjadi produk inovasi agar dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Kemudian, ia mulai menggerakkan perajinnya di beberapa daerah seperti di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Mereka diminta untuk memproduksi piring, gelas, sendok, garpu maupun perabotan rumah dari kayu.

Gayung bersambut, produk baru Dekayu direspon positif oleh komunitas fotografi. Mereka memanfaatkan produk-produk tersebut sebagai properti foto.

Sejak saat itu, Dekayu mengalami peningkatan pesanan yang signifikan. Bahkan, saat pandemi seperti ini jumlah pengiriman paket dari Dekayu stabil antara 80 - 100 paket per hari.

Begitu pula timnya, mulai disibukkan dengan pengemasan dan pengiriman ke ekspedisi.

Nia mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas penjemputan paket dari PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Setidaknya, waktu dan tenaga karyawan yang tadinya harus bolak-balik ke ekspedisi, dapat dialihkan untuk membantu pekerjaan lainnya.

Jika pesanan meningkat tajam, seperti saat lebaran, Nia bisa memesan penjemputan lebih dari sekali dalam satu hari.

Halaman
123
Tags
JNE
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved