Breaking News:

Begini Mekanisme Tata Cara Pencoblosan untuk Pilkada 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

Berikut rangkuman proses pemungutan suara yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di tengah pandemi

Editor: Rina Eviana
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/
Petugas Linmas menyemprotkan cairan disinfektan ke area Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat simulasi pemungutan suara Pilkada serentak di Alun-Alun Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020). 

Tribunjogja.com -Meski di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19) penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan tetap dilangsungkan besok, Rabu (9/12/2020).

Akan ada 270 wilayah yang tersebar di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia yang akan menggelar pemungutan suara.

Meski telah rutin diselenggarakan, proses Pilkada tahun ini berbeda dari yang sebelumnya karena diadakan di tengah situasi pandemi COVID-19.

Sejumlah aturan dan prosedur baru kemudian diterapkan demi menghindari penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Tenaga sortir dan lipat dari KPU Kota Magelang melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 di Gedung Panti Mandala, Kota Magelang, Senin (23/11/2020).
Tenaga sortir dan lipat dari KPU Kota Magelang melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 di Gedung Panti Mandala, Kota Magelang, Senin (23/11/2020). (TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri)

Berikut rangkuman proses pemungutan suara yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), seperti yang dikutip dari Buku Panduan KPPS Pemilihan Serentak Tahun 2020:

1. Pemilih antre di luar Tempat Pemungutan Suara ( TPS) dengan memperhatikan jarak aman.

2. Petugas ketertiban menghimbau pemilih untuk menggunakan masker dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Baca juga: Sri Sultan HB X Berharap Masyarakat Tetap Pergunakan Hak Pilih Dalam Pilkada

3. Petugas ketertiban mengecek suhu tubuh pemilih.

4. Pemilih mengisi formulir Model C, daftar hadir-KWK, setelah menunjukkan Model C pemberitahuan-KWK serta KTP elektronik kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

5. Pemilih menggunakan sarung tangan dan menunggu giliran di kursi yang telah disediakan dengan tetap menjaga jarak.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved