Breaking News:

20 Negara Ambil Bagian di The Best of Indonesia Changmookwan International E-Poomsae

Sebanyak 1.500 peserta dari 20 negara ambil bagian pada kejuaraan taekwondo tingkat Internasional yang bertajuk 'The Best of Indonesia

IST
Ketua Umum KONI DIY beserta jajaran berfoto bersama panitia penyelenggara The Best of Indonesia Changmookwan International E-Poomsae Championships 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 1.500 peserta dari 20 negara ambil bagian pada kejuaraan taekwondo tingkat Internasional yang bertajuk 'The Best of Indonesia Changmookwan E-Poomsae Championships 2020', yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 27 – 29 November 2020.

Kejuaraan yang diinisiasi Expert Martial Arts Studio (EMS) Taekwondo Club didukung oleh Pengurus Daerah Taekwondo Indonesia DIY, World Taekwondo Changmookwan Headquarter – Korea, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia ini mempertandingkan beberapa kategori. Di antaranya kategori Poomsae (Jurus) dari usia 6 tahun (Pra Cadet) sampai usia diatas 65 tahun untuk kelas Individual dan pair (pasangan).

Ketua Pelaksana The Best of Indonesia Changmookwan E Poomsae Championships 2020, Letkol Laut (K) drg Agung Wijayad SpOrt mengatakan, 1.500 peserta yang ambil bagian dalam kejuaraan ini berasal dari 20 negara di antaranya Finlandia, Brazil, Ecuador, Slovenia, Mexico, USA, Hongkong, Ukraine, Macao, France, Singapore, Greece, Kyrgyzstan, Italy, India, Malaysia, Filipina, Myanmar, Australia, Chile.

Baca juga: Target Pembangunan 2022, Sentra UMKM Hotel Mutiara Pertimbangkan Banyak Aspek

Baca juga: HEBOH Unggahan Pendaki Gunung Merapi Rekam Guguran Lava, Ini Tanggapan BPPTKG

Adapun peserta dari Indonesia terdiri 185 dojang atau club, dari total 33 provinsi.

"Pandemi Covid-19 yang melanda lebih dari 215 negara di seluruh dunia menjadi tahun yang sangat sulit bagi dunia olahraga tidak terkecuali Taekwondo. Banyak kejuaraan internasional yang ditunda bahkan dibatalkan pelaksanaannya akibat Pandemi Covid-19. Namun philosophy taekwondo yang didalam mengandung aspek daya juang, kreativitas dan pantang menyerah membuat kita tidak bisa tinggal diam," kata Letkol Laut (K) drg Agung Wijayad SpOrt. 

"Aktivitas Taekwondo tidak boleh berhenti melahirkan kader-kader taekwondo yang berprestasi. Yogyakarta sebagai salah satu barometer perkembangan taekwondo di Indonesia sangat bersyukur dapat menyelenggarakan kejuaraan tingkat Internasional yang pertama kalinya di Indonesia secara virtual ini," imbuhnya. 

President World Taekwondo Changmookwan Headquarter – Korea, Grand Master Joo Young Kim, Ph. D turut menyambut baik dan mendukung terlaksananya Kejuaraan International E Poomsae ini di Indonesia.

Adapun The Best of Indonesia Changmookwan E Poomsae Championships 2020 ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia, Letjend TNI (Purn) HM Thamrin Marzuki SSos secara virtual.

"Kami berterimakasih kepada seluruh Panitia, Pengda TI DIY, World Taekwondo Changmookwan Headquarter – Korea, para atlet dan International Referee dari 7 negara dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipine, Myanmar, dan Mexico yang telah bertugas pada kejuaraan ini. Sehingga hasil dari kejuaraan ini lebih fairplay," ujar Agung Wijayad.

Sementara itu, Prof Dr H Djoko Pekik Irianto MKes AIFO, menyambut positif terselenggaranya kejuaraan ini. 

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved