Breaking News:

ADVERTORIAL

Sebanyak 40 Lansia di Desa Potorono Mendapatkan Bantuan Permakanan dari Dinsos DIY

Melalui fasilitasi home care, ada 40 lansia di Potorono yang mendapatkan bantuan bahan pokok seperti beras, gula, telur, minyak goreng dan biskuit.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Dinas Sosial (Dinsos) DIY kembali menyalurkan bantuan permakanan untuk lansia pada Senin (23/11/2020) di Desa Potorono, Banguntapan, Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Sosial (Dinsos) DIY kembali menyalurkan bantuan permakanan untuk lansia pada Senin (23/11/2020) di Desa Potorono, Banguntapan, Bantul.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Maju Sejahtera Desa Potorono yang kemudian akan dikelola dan disalurkan ke lansia yang membutuhkan.

Melalui fasilitasi home care, ada 40 lansia di Potorono yang mendapatkan bantuan bahan pokok seperti beras, gula, telur, minyak goreng dan biskuit.  

Mulyanta, Kasi Jaminan Sosial dan Perlindungan Lanjut Usia, Dinsos DIY menjelaskan kegiatan yang bersumber dari Dana APBD DIY ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bernilai gizi setara dengan asupan gizi yang diperlukan, sehingga para lansia penerima manfaat akan meningkat taraf kesehatannya.

Baca juga: Tak Ingin Budaya Jawa Luntur, Dinsos DIY Gelar Restorasi Sosial

"Anggaran untuk program ini hampir 300 juta untuk 700 lansia di 11 LKS yang tersebar di empat kabupaten dan Kota Yogyakarta," jelasnya.  

Ia memaparkan, pelayanan lanjut usia di rumah (home care) sangat membantu lanjut usia yang memiliki hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri.

Mereka yang mendapatkan bantuan adalah warga lanjut usia yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya selama ini.

"Bantuan yang diberikan adalah bahan pokok. Agar mereka tidak kesulitan untuk makanan. Karena yang banyak ditemui lansia itu makanannya tergantung oleh orang sekitarnya, bantuan ini bisa meringankan untuk masalah permakanan," imbuhnya.

Adapun penyaluran bantuan permakanan tersebut dilaksanakan sebanyak enam kali selama enam bulan, dimulai bulan Juni sampai dengan November 2020.

Baca juga: Dinsos DI Yogyakarta : Persediaan Logistik Pengungsi Merapi Masih Mencukupi

Mulyanta berharap, tahun depan akan semakin banyak lansia yang mendapatkan bantuannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved