4 Manfaat Kayu Manis untuk Penderita Diabetes, Mengontrol Gula Darah dan Turunkan Risiko Komplikasi

Ada banyak bahan alami yang bisa membantu mengontrol gejala Diabetes, salah satunya kayu manis.

Editor: Rina Eviana
onedio.com
Kayu Manis 

Tribunjogja.com - Penyakit Diabetes merupakan penyakit kronis yang bisa mengakibatkan komplikasi. Penyakit yang biasa disebut kencing manis ini tak bisa diobati, hanya bisa dikontrol.

Penyakit Diabetes merupakan penyakit silent kiler,  salah satu penyakit mematikan di dunia ini.

Penyakit ini terjadi karena kadar gula dalam darah yang melonjak tinggi.

Ilustrasi luka diabetes di kaki
Ilustrasi luka diabetes di kaki (Shutterstock/ROOMPHOTO)

Padahal, kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa memicu berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, ginjal, dan kerusakan saraf.

Pengobatan Diabetes biasanya menggunakan obat-obatan dan suntikan Insulin. Akan tetapi, ada banyak bahan alami yang bisa membantu mengontrol gejala Diabetes, salah satunya kayu manis.

Bahan alami yang biasa ditambahkan ke dalam masakan ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko Diabetes.

Bukti Ilmiah

Manfaat kayu manis untuk penderita diabetes telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Jurnal Diabetes Care 2003.

Dalam penelitian tersebut, periset membuktikan kayu manus dapat menyeimbangkan kadar glukosa daran dan kolesterol pada penderita Diabetes Tipe 2.

Kayu manis.
Kayu manis. (www.thehealthy.com)

Manfaat tersebut akan terasa ketika rutin mengonsumsi kayu sebanyak satu hingga enam gram selama 40 hari. Penelitian tahun 2000 yang diterbitkan dalam Agricultural Research Magazine juga membuktikan hal serupa. Riset tersebut membuktikan konsumsi kayu manis sebanyak satu gram setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas Insulis dan membantu mengelola hingga menyembuhkan gejala Diabetes.

Selain itu, riset 2007 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan enam gram kayu manis dapat memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar glukosa setelah makan tanpa memengaruhi rasa kenyang.

Secara rinci, berikut berbagai manfaat kayu manis untuk penderita Diabetes:

1. Mengandung antioksidan tinggi

Peneliti telah menemukan kayu manis memiliki jumlah antioksidan yang tinggi. Antioksidan membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, sejenis kerusakan sel, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved