Breaking News:

Berita Kesehatan

Mengenal Diabetes Ganda : Diabetes Tipe 1 dengan Resistensi Insulin

Diabetes ganda merupakan suatu kondisi ketika seseorang dengan diabetes tipe 1 mengembangkan resistensi insulin

dok.istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes ganda merupakan suatu kondisi ketika seseorang dengan diabetes tipe 1 mengembangkan resistensi insulin, ciri utama dari diabetes tipe 2.

Seseorang dengan diabetes ganda akan selalu memiliki diabetes tipe 1 tetapi efek resistensi insulin dapat sedikit berkurang.

Alasan paling umum resistensi insulin adalah obesitas dan sementara diabetes tipe 1 itu sendiri tidak disebabkan oleh obesitas.

Orang dengan diabetes tipe 1 bisa menjadi gemuk dan menderita resistensi insulin seperti halnya orang lain.

Baca juga: Alasan Utama Kenapa Penderita Diabetes Harus Selalu Memeriksa Bagian Kaki

Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan membunuh sel-sel penghasil insulinnya sendiri.

Efek autoimun tidak dipicu oleh kelebihan berat badan. Selama periode waktu tertentu, sebagian besar, jika tidak semua, sel penghasil insulin hancur.

Tanpa bisa memproduksi insulin, kadar gula darah naik dan muncul gejala diabetes.

Sementara itu, diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan obesitas, 85% kasus diabetes tipe 2 terjadi pada orang yang mengalami obesitas.

Meskipun prosesnya belum sepenuhnya dipahami, sebagian besar diyakini bahwa obesitas menyebabkan sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

Akibatnya, orang dengan diabetes tipe 2 atau pra-diabetes mulai memproduksi lebih banyak insulin daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Dan salah satu konsekuensi dari hal ini adalah penambahan berat badan lebih lanjut yang membantu memperkuat kondisi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved