Berita Bantul

Hati Hati Hujan Deras dan Angin Kencang Sudah Robohkan Pohon dan Menimpa Rumah di Bantul

Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Bantul pada Kamis (19/11/2020) sore, mengakibatkan pohon tumbang di tiga lokasi di Kecamatan Bantul.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Yudha Kristiawan
Tribunjogja/Yosef Leon
Satu unit mobil Toyota Agya tertimpa pohon tumbang di kompleks Balaikota Yogyakarta akibat hujan deras disertai angin kencang, Kamis (19/11/2020). 

TRIBUNJOGJA. COM, BANTUL- Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Bantul pada Kamis (19/11/2020) sore, mengakibatkan pohon tumbang di tiga lokasi di Kecamatan Bantul dan Jetis. Dua lokasi di antaranya, menimpa bangunan rumah.

"Pohon tumbang 3 lokasi dengan rincian, menimpa rumah 2 lokasi, menimpa jaringan listrik 1 lokasi, dan akses jalan 1 lokasi," terang manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops), BPBD Bantul, Aka Luk-luk Firmansyah, Kamis petang.

Belum diketahui, kondisi rumah yang tertimpa pohon tumbang tersebut.

Tetapi yang jelas, menurut Aka, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Menurutnya, tim reaksi cepat (TRC), bersama penanggulangan bencana kecamatan dan relawan, masih berupaya melakukan pendataan, penanganan, hingga penyisiran

Hujan deras disertai angin kencang sebelumnya juga dilaporkan mengakibatkan satu pohon di kompleks Balaikota Yogyakarta tumbang hingga menimpa satu unit mobil, Kamis (19/11/2020) petang.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun mobil Toyota Agya dengan nomor polisi AB 1237 JS itu ringsek di bagian depan dan kaca lampu sign sebelah kiri pecah.

Baca juga: Ini Alasan Pemkab Magelang Selektif Keluarkan Izin dan Awasi Penyelenggaraan Kegiatan

Baca juga: Doa Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Semoga Sebaran Covid-19 di Warung Bakmi Tak Meluas

Baca juga: BREAKING NEWS : Dua Rumah Warga Bantul Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Plt Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat menjelaskan, pohon yang tumbang tersebut merupakan jenis pohon mahoni dengan diameter sekira 15 sentimeter yang berada di depan kantor DPUPKP Kota Yogya.

Saat intensitas hujan dan angin cukup kencang pada pukul 16.00 WIB, pohon yang cukup tinggi itu menimpa satu unit mobil yang terparkir di depan kantor DPUPKP Kota Yogya.

Mobil tersebut parkir berada tepat di bawah pohon itu. 

"Itu mobil milik pegawai Dishub," katanya ditemui di lokasi. 

Kurang lebih setengah jam petugas BPBD Kota Yogyakarta melakukan evakuasi dan memangkas dahan pohon yang masih tersisa. 

Sekira pukul 16.30 WIB petugas berhasil mensterilkan pohon dan ranting yang tumbang dan kawasan itu kembali bersih dari sisa-sisa ranting.

Octo mengimbau kepada masyarakat waspada menghadapi musim penghujan saat ini. Pihaknya meminta masyarakat melapor jika terdapat pohon yang cukup tinggi dan terlihat lapuk. 

"Supaya waspasa dan mengantisipasi, jangan sampai ada korban," ucap dia.

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved