Breaking News:

Dalang Ki Seno Nugroho

Profil Singkat Personel Warga Laras, Pengiring Dalang Ki Seno Nugroho, Ada Tatin, Agnes dan Lingga

Ini Dia Profil Singkat Personel Warga Laras, Grup Karawitan pengiring Dalang Ki Seno Nugroho, Ada Tatin, Agnes dan Lingga

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yudha Kristiawan
Tribunjogja/ Ahmad Syarifudin
Ilustrasi : Karawitan Warga Laras mengiringi Jenazah almarhum Ki Seno Nugroho dari rumah duka, diberangkatkan menuju peristirahatan terakhir di Makam Semaki Gedhe Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kehilangan mendalam dirasakan para penggemar pertunjukkan wayang kulit yang dimainkan Ki Seno Nugroho

Terlebih para punggawa Karawitan Warga Laras yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pagelaran wayang kulit Ki Seno Nugroho.

Dalang yang sukses memasyarakatkan kesenian wayang kulit pada kaum milenial ini tutup usia di umur 48 tahun pada hari Selasa (3/11/2020).

Ki Seno Nugroho tak hanya sukses menjadikan pertunjukan wayang kulit bergairah kembali di kalangan milenial, namun juga berhasil meracik komposisi personel Karawitan Warga Laras hingga dikenal luas masyarakat.

Baca juga: Wayang Bagong dan Bima Ikut Dikuburkan Bersama Jenazah Dalang Ki Seno Nugroho

Baca juga: Dalang Senior Sebelum Ki Seno Nugroho, Ada Ki Manteb Soedharsono, Ki Anom Suroto dan Ki Narto Sabdo

Baca juga: Dalang Ki Seno Nugroho Masih Sempat Bercanda di Grup WhatsApp Sebelum Meninggal

Dikutip dari laman kisenojogja.blogspot.com, berikut adalah profil singkat beberapa personel Karawitan Warga Laras formasi tahun 2014.

1.  Tatin Lestari Handayani, salah satu pesinden Warga Laras. Tatin sukses menjadi salah satu ikon pertunjukan wayang kulit Ki Seno Nugroho selama ini.

Tatin adalah seorang sarjana seni lulusan ISI Yogyakarta. Tatin berasal desa Gembongan Kulonprogo Yogyakarta , ibunya juga seorang pesinden senior bernama Sri Lungid, dulunya adalah pesinden dari Almarhum Dalang Ki Hadisugito. 

2. Tulus, merupakan Suami Tatin Lestari Handayani. Tulus sangat mahir memainkan semua instrumen gamelan, pernah melawat ke Portugal.

Agnes Silvia
Agnes Silvia (kisenojogja.blogspot.com)

 3. Agnes Silvia, salah satu sinden yang kerap didaulat menyanyikan lagu Campursari dan Dangdut.

Agnes mengenyam pendidikan seni jurusan karawitan. Ia sudah ikut pentas Ki Seno sejak kelas 2 SD.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved