Breaking News:

Wisata

Pantai Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Getuk Diserbu Wisatawan

Pantai Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran Diserbu Wisatawan. Wisatawan Wajib Patuhi Protokoler Kesehatan

Tribunjogja/ Alexander Ermando
Ilustrasi : Wisatawan meramaikan Taman Bunga Amarilis di Kapanewon Patuk, Gunungkidul pada Jumat (30/10/2020) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Cuti bersama Maulid Nabi Muhammad S.A.W. resmi berakhir pada Minggu (01/11/2020). Selama 5 hari libur panjang, kunjungan wisata ke Kabupaten Gunungkidul terpantau mengalami lonjakan.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono menyampaikan hingga Sabtu (31/10/2020) kemarin tercatat ada 53.102 kunjungan wisatawan.

"Tertinggi pada hari Kamis (29/10/2020) dengan 21 ribu pengunjung. Kalau hari Minggu ini laporannya belum masuk," kata Harry pada wartawan hari ini.

Ia mengatakan, setidaknya ada 4 destinasi wisata yang diserbu pengunjung selama libur panjang. Destinasi wisata tersebut adalah yang sudah beroperasi dalam tahap Uji Coba penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Baca juga: Banjir Wisatawan di Yogya , Pengelola dan Wisatawan Harus Patuh Protokoler Kesehatan

Baca juga: Malioboro Terus Dikunjungi Wisatawan Luar Daerah pada Hari Terakhir Libur Panjang

Harry menyebut kunjungan ke kawasan pantai selatan paling mendominasi. Berikutnya adalah Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Getuk, dan Gua Pindul.

"Kami sendiri tidak menargetkan berapa jumlah pengunjung selama libur panjang ini. Prioritas tetap pada keamanan kesehatan mereka dari penularan COVID-19," jelasnya.

Selama libur panjang lalu, Harry menjamin aktivitas wisata tetap kondusif. Pasalnya, dukungan personel sudah diterjunkan untuk memantau kedisiplinan protokol kesehatan oleh pengunjung selama di destinasi wisata.

Setidaknya ada 150 personel yang merupakan tim gabungan dari Satpol-PP Gunungkidul, POLRI, TNI, Dinas Perhubungan, Puskesmas, hingga SAR Satlinmas. Satpol-PP DIY pun turut memberi dukungan personel.

"Kami harap tidak ada penyebaran kasus COVID-19 di sektor pariwisata, dengan pengawasan ketat tersebut," kata Harry.

SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul pun secara total menerjunkan seluruh anggotanya selama libur panjang. Pengawasan pada pengunjung di pantai selatan pun ditingkatkan.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto menyampaikan hingga hari ini masih banyak pengunjung pantai yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Sampai hari ini terdata ada 1.002 wisatawan yang terjaring di semua pantai dalam wilayah kami," katanya.

Pelanggaran yang dilakukan masih soal penggunaan masker. Suris mengatakan banyak di antara mereka yang tidak mengenakan masker serta tidak mengenakannya dengan benar.

Mereka yang terjaring ini lantas didata dan diminta membuat surat pernyataan. Sanksi sosial pun diberikan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) 68/2020 tentang AKB.

"Kami juga siapkan masker dan diberikan secara gratis bagi mereka yang kedapatan tidak membawa," jelas Suris.

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Yudha Kristiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved