Breaking News:

Jawa

Satgas PP Covid-19 Klaten Swab Test Pengunjung Objek Wisata Air Secara Acak

Swab test dilakukan oleh Satgas PP Covid-19 Klaten secara acak guna mengantisipasi munculnya klaster wisata air selama libur panjang.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jumat (30/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten menggelar swab test di sejumlah objek wisata air di daerah tersebut, Jumat (30/10/2020).

Swab test dilakukan oleh Satgas PP Covid-19 Klaten secara acak guna mengantisipasi munculnya klaster wisata air selama libur panjang sekaligus cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jika terdapat lima objek wisata air yang dipantau pada hari ini.

"Kami lakukan pemeriksaan swab di 5 objek wisata tirta yang sudah ditentukan, pemeriksaan kami lakukan secara acak mulai dari pengelola dan wisatawan," ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Lakukan Razia Masker di Objek Wisata Air, Satpol PP Klaten Jaring 5 Pelanggar

Adapun lima objek wisata tersebut, diantarannya Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung dan kolam pemancingan 100, Desa Wunut, Kecamatan Tulung.

"Lalu juga ada umbul Temanten, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo dan umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo," katanya.

Selain melaksanakan tes swab secara acak di sejumlah objek wisata, pada kesempatan itu, Satgas PP Covid-19 Klaten juga memantau penerapan pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata air yang di pantau tersebut.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan jika pengelola objek wisata yang dipantau objek wisatanya mampu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Baca juga: Izin Objek Wisata Air di Klaten Diteken Pjs Bupati, Kadisbudparpora: Pengunjung Maksimal 50 Persen

Mulai dari kewajiban pakai masker dan mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh di pintu masuk hingga imbauan agar tetap jaga jarak selama berada di dalam objek wisata.

"Kepatuhan pengelola yang kita lihat hari ini bagus. Rata-rata mereka membuka objek wisatanya cuma sepertiga dari total kapasitas objek wisata," ujarnya.

Ia mengatakan, jika penerapan Swab test secara acak pada pengunjung dan pengelola objek wisata air untuk menekan sebaran Covid-19 di daerah itu.

"Mudahan-mudahan penerapan protokol kesehatan terus dilakukan secara ketat oleh pengelola dan pengunjung juga mampu taat. Swab tes ini untuk memantau kesehatan di objek wisata," ulasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved