Breaking News:

Quraish Shihab Beberkan Perawakan Nabi Muhammad SAW, Mulai Rambut hingga Hidung

Ayah dari 6 orang anak tersebut mengatakan bahwa ada banyak sekali riwayat yang berbicara dan menggambarkan sosok Rasulullah SAW.

Narasi.TV
Quraish Shihab dan Najwa Shihab 

TRIBUNJOGJA.COM - Cendikiawan Muslim Quraish Shihab menggambarkan sosok Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut disampaikannya dalam tayangan Narasi.TV Shihab & Shihab yang dipandu oleh Najwa Shihab yang merupakan salah satu anak dari Quraish Shihab.

Pada kesempatan tersebut, jurnalis sekaligus pendiri dari Narasi.TV tersebut bertanya kepada Quraish Shihab yang disapa Abi.

"Saya sengaja mau ngajak Abi ngobrol tentang Maulid Nabi. Kita udah berapa kali sih ngobrol tentang Nabi tapi rasanya selalu rindu bicara tentang Nabi. Mungkin kita mulai lagi. Mungkin sebagian sudah tahu, tapi sekali lagi selalu senang mendengar deskripsi cerita tentang bagaimana penampilan atau wajah atau perawakan Nabi Muhammad SAW," ucapnya membuka pembicaraan bertajuk Mengenali Sosok dan Pribadi Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Sosok Keponakan KSAD Jenderal Andika Perkasa yang Kini Viral dan Curi Perhatian

Baca juga: Keraton Yogyakarta Gelar Pameran Sang Adiwira Untuk Mengenang Sri Sultan HB II

Ayah dari 6 orang anak tersebut mengatakan bahwa ada banyak sekali riwayat yang berbicara dan menggambarkan sosok Rasulullah SAW.

"Abi pernah katakan kalau dilukis (sebenaranya) bisa. Tapi demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka dilarang dilukis. Dilarang ditampilkan di film-film," tegasnya.

"Padahal deskripsi nabi sesungguhnya..," sela Najwa.

"Itu sangat sangat kompleks. Orangnya tidak tinggi, tidak pendek. Tidak gemuk, tidak juga kurus. Rambutnya, kita mulai dari rambut beliau. Hitam. sedikit bergelombang, dan terurus rapi sampai di ujung telinga beliau," ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Selanjutnya, wanita yang biasa disapa Nana tersebut menanyakan, panjang rambut Nabi Muhammad SAW apakah pernah gondrong.

Maulid Nabi Muhammad SAW
Maulid Nabi Muhammad SAW (dok.istimewa)

"Tidak pernah gondrong dalam pengertian gondrong kita sekarang. Tapi sebenarnya itu sudah gondrong menurut abi ya. Sudah di sampai sini (telinga)," urainya.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved