Breaking News:

Balar Yogya Luncurkan Jelajah Virtual Situs Kuno Liyangan Temanggung

Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta meluncurkan produk Virtual Reality (VR) dan Virtual Tour (VT) Situs Liyangan, Purbasari, Ngadirejo, Temanggung.

IST
IST Liyangan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYABalai Arkeologi (Balar) Yogyakarta meluncurkan produk Virtual Reality (VR) dan Virtual Tour (VT) Situs Liyangan, Purbasari, Ngadirejo, Temanggung.

Peluncuran dilakukan secara daring via Zoom, Rabu (21/10/2020), diikuti Kepala Puslit Arkenas Dr I Made Geria dan Kepala Balitbang Kemdikbud, Totok Suprayitno PHd.  

Sejumlah Kepala Balar di Indonesia, antara lain Balar Makassar, Bali, Jabar, juga terlihat mengikuti acara daring ini.

Dari Temanggung Kepala Disbud Temanggung dan Kepala Desa Purbasari, juga menyimak kegiatan daring ini. Nonbar peluncuran digelar di Balai Desa Purbasari.

Produk tur virtual dan realitas virtual Situs Liyangan ini dari tampilannya sangat menarik. Masyarakat bisa mengunjungi situs kuno ini secara tidak langsung.

Gambar-gambar dan informasi yang ditampilkan sangat memadai. Area Situs Liyangan bisa dilihat 360 derajat.

Untuk Virtual Reality, warga bisa mengakses menggunakan aplikasi yang harus diunduh gratis, dan memakai Google VR.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kasus Covid-19 Karyawan Bank di Bantul Bertambah, Total 5 Pegawai

Baca juga: Instruksi Satgas Penanganan Covid-19 untuk Fasilitas Kesehatan Terkait Besaran Tarif Swab Test

Sementara Virtual Tour cukup mengakses situs www.rpbalarjogja.kemdikbud.go. id. Selanjutnya pengunjung akan dibawa ke fitur khusus versi website di Virtual Tour Situs Liyangan.   

Menurut Kepala Balar Yogyakarta, Sugeng Riyanto,aplikasi ini bagian Rumah Peradaban Situs Liyangan 2020 yang tekah disiapkan sejak dua tahun lalu.

Fitur dan aplikasi ini bagian program Situs Liyangan sebagai destinasi edukasi sejarah. “Karena jelajah situs tidak bisa dilakukan, kita ubah jadi jelajah virtual,” kata Sugeng.

Halaman
1234
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Kurniatul Hidayah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved