Breaking News:

Kota Magelang Masuk Nominasi Anugerah Inovasi Indonesia Tahun 2020

Pemerintah Kota Magelang menjadi salah satu nomine penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia Tahun 2020 kategori Pemerintah Daerah Inovatif

IST
Panorama dari Kota Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang menjadi salah satu nomine penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia Tahun 2020 kategori Pemerintah Daerah Inovatif untuk Pemerintah Kota.

Hal ini berdasarkan hasil seleksi dan verifikasi data dukung Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tahun 2020.

Selanjutnya, Pemkot Magelang mengikuti penjurian langsung secara virtual melalui aplikasi zoom pada Kamis (15/10/2020). Tim juri beranggotakan para pakar dari Kemenristek, Kemendagri, Bappenas, Perguruan Tinggi, industri dan perwakilan media/masyarakat.

Pada tahapan ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Joko Soeparno, didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang Arief Bharata Sakti, mewakili Wali Kota Magelang, melakukan paparan materi.

Pada kesempatan tersebut Joko memaparkan ada 4 aspek IDSD yang menjadi indikator penilaian. Sementara Kota Magelang memiliki nilai pada setiap aspek rata-rata diatas point 3,30.

Baca juga: Dinas Sosial Kota Magelang Gelar Layanan Asessmen Asistensi Rehabilitasi Sosial

Baca juga: Pemkot Magelang Beri Bantuan Pendukung Transportasi Kecil ke Sopir Angkutan Umum dan Penarik Becak

Menurutnya, faktor penguat (Enabling Environtment) memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap daya saing Kota Magelang, yaitu 3,82. Kemudian faktor lainnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dengan nilai 3,75.

"Selain itu, Ekosistem Inovasi dengan nilai 3,58, dan Faktor Pasar/Market dengan nilai 3,33," papar Joko.

Joko juga menjelaskan kriteria lain yang dijadikan penilaian juri, yaitu pertama, inovasi pemerintah daerah dalam mendorong inovasi di daerah, yang meliputi kepemimpinan, kebijakan daerah, penganggaran daerah, pemanfaatan IDSD dalam pembangunan, dan komitmen kepala daerah dan kerja sama.

Kriteria kedua, yakni kolaborasi. Menurutnya, Wali Kota Magelang telah telah berkomitmen dalam menjalin sinergitas antara pemerintah, media massa, perguruan tinggi, masyarakat dan dunia usaha.

Bentuk komitmen terwujud dalam berbagai kerjasama, diantaranya pembangunan gedung lantai 15 di eks-Magelang Teater (MT), serta kerjasama sister city Kota Magelang dengan Kota Brcko, Bosnia.

Halaman
123
Editor: Kurniatul Hidayah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved