Breaking News:

Pjs Bupati Klaten Harap Identifikasi Lahan Tol Yogya-Solo di Klaten Selesai Sebelum Akhir Tahun Ini

Identifikasi lahan tersebut dilaksanakan setelah penetapan lokasi (Penlok) proyek Tol Yogyakarta-Solo dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Tengah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan
Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (14/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, berharap jika proses identifikasi lahan yang dilalui proyek Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten selesai sebelum akhir tahun ini.

"Tol Solo-Jogja kan sudah berjalan. Saat ini proses identifikasi lahan menyangkut kepemilikan dan termasuk aset yang berada di atas lahan itu baik bangunan atau tanaman," ujarnya saat ditemui awak media di Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (14/10/2020).

Ia mengatakan, identifikasi lahan tersebut dilaksanakan setelah penetapan lokasi (Penlok) proyek Tol Yogyakarta-Solo dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada bulan September 2020.

"Setelah penlok dikeluarkan bapak Gubernur, tugas dari kantor pertanahan melakuka identifikasi itu, termasuk tanah perorangan hingga tanah bondo deso dan tanah wakaf. Semua itu ada jalur-jalur penyelesaiannya," jelasnya.

Baca juga: SK Penlok Tol Yogyakarta - Solo Terbit, Ini 50 Desa di Klaten yang Bakal Dilalui Jalan Tol

Baca juga: Jalur Jalan Tol Yogyakarta Solo Mulai Dipasang Patok di Wilayah Kalasan Sleman

Menurut Sujarwanto, saat ini pihak terkait sedang bekerja dalam melakukan identifikasi lahan yang terdampak proyek nasional tersebut.

"Saat ini semua sedang bekerja. Mudah-mudahan di akhir November sampai Desember itu proses-prosesnya selesai," tambahnya.

Ia menjelaskan, jika proses identifikasi lahan yang terdampak Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten selesai, nantinya akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapatlan tanggapan.

"Karena setelah identifikasi itu akan diumumkan ke masyarakat, jika tidak ada koreksi dari masyrakat nanti akan ada tim yang akan menentukan nilai tanah yang ada. Tim ini profesional soal itu," ucapnya.

Baca juga: Inventarisasi Bidang Tanah yang Dilalui Tol Yogya-Solo di Klaten Ditarget Rampung 30 Hari Kerja

Baca juga: Inilah Kecamatan dan Desa Wilayah Klaten yang Terdampak Tol Yogyakarta-Solo

Sekadar informasi, sesuai dengan penlok yang telah ditetapkan, proyek jalan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten bakal melalui 50 desa dari 11 kecamatan.

Total, proyek jalan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Bersinar akan membentang sepanjang sekitar 28 kilometer. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved