Update Corona di DIY

Karyawan Restoran Mi di Kotabaru Positif Covid-19, Dinkes Terkendala Upaya Pelacakan

Endang menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kecamatan setempat dalam upaya pelacakan guna memutus mata rantai penyebaran v

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Ari Nugroho
istimewa
Berita Update Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengaku cukup kesulitan dalam melacak riwayat kontak erat pada karyawan restoran mi di kawasan Kotabaru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disebabkan oleh domisili karyawan yang merupakan warga Bantul dan mempunyai mobilitas yang cukup tinggi.

"Sekarang masih dilakukan Puskesmas setempat untuk upaya pelacakan. Masih pendataan, tapi semua penanganan awalnya kami pikir sudah tepat yakni manajemen sempat mengimbau agar karyawan isolasi mandiri dulu sewaktu merasakan sakit sebelum terkonfirmasi itu," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Yogyakarta dr. Endang Sri Rahayu dihubungi Rabu (30/9/2020).

Berdasar informasi yang dihimpun, karyawan yang bekerja di bagian dapur tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 pada 25 September lalu.

Manajemen setempat mengklaim bahwa yang bersangkutan telah tidak masuk kerja sejak 15 September karena merasa sakit.

BREAKING NEWS : Seorang Pegawai Terpapar Covid-19, Restoran Mie di Kotabaru Ditutup Sementara

Endang menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kecamatan setempat dalam upaya pelacakan guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Selain itu, sejumlah antisipasi awal juga telah dilakukan termasuk penutupan operasional restoran tersebut.

"Beberapa hari ke depan akan ditutup untuk keperluan sterilisasi," katanya.

Endang menyatakan, saat ini Puskemas setempat juga telah mendata sejumlah karyawan yang sempat berkontak erat dengan karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu.

"Pelacakan awal sudah dilakukan ya, tapi karena karyawan ini warga Bantul tentu cukup susah. Artinya dia punya mobilitas yang cukup tinggi juga, karena pendataan awal mungkin berada di Bantul dan kebetulan karena dia bekerja di Jogja sehingga pelacakan kami upayakan juga kepada karyawan lainnya," sebutnya.

Kapolsek Gondokusuman, Kompol Bonifasius Slamet mengimbau kepada seluruh pelaku usaha di wilayah setempat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat di lingkungan kerja.

Pihaknya juga meminta agar pelanggan dan pelaku usaha dapat kooperatif dan taat terhadap aturan di masa pandemi Covid-19 ini. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved