Breaking News:

Yogyakarta

Dewan Minta Pemkot Yogya Perluas Penyelenggaraan Tes Cepat Covid-19

Komisi B DPRD Kota Yogyakarta meminta Pemkot setempat untuk menggencarkan penyelenggaraan tes cepat Covid-19 di semua area pasar dan tempat publik men

ist/net
Ilustrasi DPRD Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi B DPRD Kota Yogyakarta meminta Pemkot setempat untuk menggencarkan penyelenggaraan tes cepat Covid-19 di semua area pasar dan tempat publik menyusul ditemukannya seorang pedagang yang terinfeksi Covid-19.

"Kami meminta kepada Satgas percepatan penanganan Covid-19 untuk melakukan rapid test berkala meskipun acak terhadap semua pasar," kata anggota Komisi B DPRD Kota Yogya, Oleg Yohan, Selasa (15/9/2020).

Oleg menyebutkan, anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) di APBD Kota Yogyakarta saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan program tes cepat di area pasar maupun program lain yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

"Jangan sampai anggaran yang sudah dipotong untuk Covid-19 justru di SiLPA-kan (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran)," sebut Oleg.

Muncul Kasus Covid-19 di Malioboro dan Pasar Beringharjo, DPRD Kota Yogya : Belum Perlu Penutupan

Pihaknya juga mendorong agar pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 diperketat pada area publik terkhusus pasar.

"Perlakuan pedagang dan pengunjung harus sama disiplinnya, terutama terkait penggunaan masker dan cuci tangan. Setiap pedagang wajib menyediakan cuci tangan maupun cairan pembersih di setiap lapaknya," ujar dia.

Selain itu, Oleg memaparkan sosialisasi protokol kesehatan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga mesti digencarkan.

Semisal pembuatan brosur maupun spanduk guna mengedukasi dan mengingatkan agar masyarakat senantiasa awas terhadap penyebaran virus.

"Masyarakat mesti paham bahwa sekarang pun kondisinya belum aman," kata dia. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved