Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Muncul Kasus Covid-19 di Malioboro dan Pasar Beringharjo, DPRD Kota Yogya : Belum Perlu Penutupan

Legislatif merasa pemerintah belum perlu mengambil langkah terkait penutupan sementara kawasan Malioboro, meski sebaran Covid-19 kini meluas.

istimewa
Berita Update Corona di DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Kalangan legislatif Kota Yogyakarta merasa pemerintah belum perlu mengambil langkah terkait penutupan sementara kawasan Malioboro, meski sebaran Covid-19 kini semakin luas.

Bahkan, teranyar, seorang pedagang di Pasar Beringharjo pun dinyatakan terpapar.

Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Susanto Dwi Antoro mengatakan, jika dilakukan penutupan, maka yang terkena dampak signifikan ialah para pelaku usaha.

Akan tetapi, ia berpendapat, pemerintah perlu melakukan pengetatan mengenai prosedur dan perilaku berdagang.

"Penutupan belum perlu, kami hanya berusaha mendorong agar dilakukan simulasi, supaya pengetatan bisa dilakukan, untuk mengantisipasi munculnya klaster-klaster baru di lingkungan usaha," ujarnya, Selasa (15/9/2020).

BREAKING NEWS : Kasus Covid-19 di Malioboro Meluas, Enam Kontak Erat Dinyatakan Positif Virus Corona

Menurutnya, simulasi yang harus dilakukan oleh Pemkot Yogya ini selaras dengan apa yang sudah diterapkan pada hotel atau restoran.

Pasalnya, ia menilai, unit usaha seperti warung, maupun pedagang kaki lima (PKL), selama ini terbilang kurang mendapat perhatian pemerintah.

"Padahal, di sana ada celah yang bisa jadi pintu penularan virus. Makanya, harus disimulasikan, sekaligus dijadikan protab ya, termasuk di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo juga tentunya," terang Antoro.

"Jadi, simulasi tidak hanya di hotel dan restoran yang telah terdaftar di PHRI saja. Memang, kita apresiasi simulasi itu. Tapi, yang tidak tergabung di PHRI kan masih terlupakan, sehingga harus diterapkan, dengan diperinci sesusi kondisi di lapangan, " imbuhnya.

Dengan adanya simulasi terkait protokol kesehatan, maka para pelaku usaha otomatis mendapat edukasi memadahi, sehingga bisa lebih tertib ke depannya.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved