Breaking News:

Jenis Buah-buahan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Selain buah-buahan, penderita diabetes juga harus membatasi makanan-makanan yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah, seperti permen, biskuit

IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Buah-buahan dan sayuran memang baik jika dikonsumsi untuk tubuh. Namun bagi Anda khususnya yang punya penyakit Diabetes, harus hati-hati dalam memilih buah-buahan untuk dikonsumsi.

Sebab ada beberapa buah-buahan yang sebaiknya dihindari penderita Diabetes karena mengandung gula dan lemak tinggi.

Buah yang tidak boleh dimakan penderita Diabetes, di antaranya meliputi durian, pisang, mangga, nanas, sirsak, nangka, sawo, rambutan, kelengkeng, manggis, anggur serta persik.

Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes
Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes ((SHUTTERSTOCK/Proxima Studio))

Selain buah-buahan, penderita diabetes juga harus membatasi makanan-makanan yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah, seperti permen, biskuit, roti, tepung, manisan, buah-buahan kering, kismis. mentega, keju, cokelat, mayones, susu kental, minyak zaitun, panekuk, minuman ringan atau bersoda, minuman keras, puding, daging berlemak serta jeroan.

Buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes

Terdapat beberapa jenis buah yang bagus dikonsumsi penderita diabetes.

Buah-buahan ini mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah atau mencegah peningkatan gula darah secara drastis.

Sebut saja kandungan serat dalam buah yang terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak.

Haus Berlebihan, Hati-hati Bisa Jadi Anda Menderita Diabetes

Buah juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baiik untuk mencegah penyakit komplikasi diabetes.

Melansir Buku Jamu Ajaib Penakluk Diabetes (2013) oleh Ning Harmanto dan dr. Prapti Utama, berikut ini beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes:

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved