Breaking News:

Bahaya Kesehatan yang Mengintai Orang yang Punya Kebiasaan Main HP di Kamar Mandi

Kondisi medis ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus.

IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM- Seiring kemajuan teknologi, orang seperti tak bisa lepas dari alat komunikasi bernama handphone alias HP.

Sehingga kemanapun pergi, HP adalah barang yang wajib dibawa. Bahkan ada orang-orang yang saking tak bisa lepas dari HP, pun sampai dibawa ke toilet.

Coba ingat-ingat, sudah berapa kali Anda membawa handphone (HP) ke kamar mandi? Cukup sering kah?

Lima Tahun Terakhir, Masyarakat Kecanduan Ponsel Pintar di Korea Selatan Meningkat
Lima Tahun Terakhir, Masyarakat Kecanduan Ponsel Pintar di Korea Selatan Meningkat (ilustrasi)

Meskipun mungkin menyenangkan karena bisa menghabiskan waktu dengan membuka media sosial (medsos), kebiasaan main HP saat buang air besar (BAB) pada kenyataannya bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu konsekuensinya, yakni Anda bisa terkena ambeien, sehingga perlu diwaspadai.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus. Dalam istilah medis, ambeien disebut juga sebagai hemorrhoid.

Kondisi medis ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus.

Ternyata Kuman di Komputer atau Laptop Lebih Banyak Ketimbang di Toilet, Begini Cara Membersihkannya

Sementara, kebiasaan main HP di tolilet dapat menjadi salah satu pemicu adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus tersebut.

Ahli bedah kolorektal, Dr. Karen Zaghiyan, menjelaskan sebenarnya bukan main Hp saat BAB yang menjadi penyebab ambeien, tapi duduk di toilel dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya.

“Duduk di toilet untuk waktu yang lain, baik Anda sedang membaca atau hanya duduk di sana pasti dapat menyebabkan masalah wasir,” kata Dr. Zaghiyan dilansir dari Health Line, Rabu (9/9/2020).

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved