Breaking News:

Hati-hati, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Memicu Kerusakan Ginjal

Berikut sederet kebiasaan sederhana sehari-hari penyebab ginjal rusak yang perlu dihindari

Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ginjal merupakan salah satu organ vital di tubuh kita. Ginjal adalah sepasang organ berukuran sekepal tangan orang dewasa.

Melansir WebMD, sepasang ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di bawah tulang rusuk dan di perut bagian belakang.

Fungsi ginjal manusia untuk menyaring darah, membuang limbah, mengontrol keseimbangan cairan tubuh, membantu produksi sel darah merah, sampai menjaga tekanan darah.

Ilustrasi ginjal
Ilustrasi ginjal (lifelinescreening.com)

Apabila penderita mengalami gagal ginjal, kondisi ginjalnya berarti sudah rusak dan organ vital ini tak bisa berfungsi secara optimal.

Menurut National Kidney Foundation, ginjal bisa rusak karena cedera fisik atau gangguan kesehatan jangka panjang. Proses rusaknya ginjal umumnya tidak terjadi semalaman, namun bisa terjadi secara bertahap sampai ginjal gagal berfungsi secara total.

Berikut sederet kebiasaan sederhana penyebab ginjal rusak yang perlu dihindari:

1. Sering minum obat penghilang rasa sakit

Obat antinyeri yang dijual bebas dapat meringankan rasa sakit dan nyeri. Kendati demikian, obat jenis ini dapat membahayakan kesehatan ginjal, terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan dan penderita punya riwayat penyakit ginjal.

Dengan demikian, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah meminimalkan penggunaan obat penghilang rasa sakit dan hindari minum obat pereda nyeri ini melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Konsumsi garam berlebihan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)
Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved