Breaking News:

Didampingi 10 Jenderal, Panglima TNI dan Kapolri Gelar Rapat Khusus Bahas Teror KKB di Papua

Didampingi 10 Jenderal, Panglima TNI dan Kapolri Gelar Rapat Khusus Bahas Teror KKB di Papua

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjanjanto menganugerahi Kapolri Jenderal Idham Azis tiga bintang utama yaitu Kartika Eka Paksi Utama, Jalasena Utama dan Swa Bhuana Utama. 

TRIBUNJOGJA.COM, PAPUA - Aparat gabungan TNI/Polri memberikan perhatian serius terhadap aksi Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Papua yang semakin brutal.

Bahkan sebagai bentuk perhatian khusus, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sampai menggelar pertemuan tertutup di Timika, Papua pada Sabtu (29/8/2020) lalu.

ilustrasi KKB Papua
ilustrasi KKB Papua (Facebook/The TPNPB News)

Dalam pertemuan tersebut, pimpinan TNI dan Polri didampingi oleh sepuluh jenderal.

Teror yang dilakukan oleh KKB di Papua, terutama di wilayah Tembagapura sampai saat ini masih terus berlangsung.

KKB Papua di sana kerap kali mengganggu keamanan di kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia di wilayah Tembagapura hingga di wilayah dataran rendah Mimika.

Akibat gangguan KKB Papua tersebut, sejak awal Maret hingga kini, ribuan warga tiga kampung di sekitar Tembagapura yaitu Waa-Banti, Kimbeli, dan Opitawak diungsikan ke Timika.

Berlarut-larutnya penanganan para pengungsi Tembagapura itu, kini memunculkan masalah baru dalam hal penyediaan sarana perumahan, kebutuhan logistik atau bahan makanan, pelayanan kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Selain masalah KKB Papua, pertemuan tersebut juga membicarakan persoalan penutupan akses jalan tambang di Ridge Camp Mile 72, Tembagapura oleh karyawan PT Freeport Indonesia dan perusahaan subkontraktornya.

Penyebabnya adalah mereka menuntut dibukanya akses yang lebih luas dalam pengoperasian bus untuk libur kerja karyawan ke Timika, dan pemberian insentif khusus selama masa pandemi COVID-19.

Aksi blokade jalan tambang di Mile 72 Tembagapura yang dilakukan sejak Senin (24/8) dan telah dibuka kembali pada Jumat (28/8/2020) siang, setelah manajemen PT Freeport Indonesia menyanggupi sejumlah tuntutan karyawan.

Teror KKB Papua di Tembagapura Belum Berakhir, TNI Imbau Warga yang Mengungsi Tak Kembali Dulu

Balita Terbawa Terbang Layangan, Acara Festival Internasional Pun Ditangguhkan

Kronologi Pejabat di Filipina Beradegan Seks di Depan Rekan-rekan Kerja, Keliru Pencet Tombol Zoom

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved