Breaking News:

Update Corona di Klaten

46 Warga Klaten Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini, Senin 31 Agustus 2020

Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten menyatakan terjadi lonjakan terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu, sebanyak

Dok. Pemkab Klaten
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten menyatakan terjadi lonjakan terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu, sebanyak 46 warga Klaten dilaporkan positif terpapar virus corona, Senin (31/8/2020).

Informasi yang diterima Tribunjogja.com, dari 46 terkonfirmasi positif tersebut, 30 warga diantaranya berasal dari kecamatan Wonosari dan sisanya tersebar di kecamatan Juwiring, Karangnongko, Klaten Utara, Gantiwarno, Delanggu, Kebonarum, Wedi dan Prambanan.

Juru bicara Gusgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, menyampaikan bahwa hari penambahan 46 orang terkonfirmasi positif Covid-19, satu pasien dilaporkan meninggal dunia.

Satgas Pengaman Akan Dibentuk di Tiap Kelurahan di Kota Magelang, Pantau Kegiatan atau Hajatan

Atas kejadian ini, jumlah komulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 318 orang. Sebanyak 129 orang menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri, 176 orang sembuh dan 13 orang meninggal dunia.

"Hari ini ada kabar kurang baik karena terdapat penambahan 46 orang terkonfirmasi positif covid-19 dan 1 pasien covid-19 meninggal dunia. Penambahan positif baru berasal dari Wonosari, Juwiring, Karangnongko, Klaten Utara, Gantiwarno, Delanggu, Kebonarum, Wedi dan Prambanan. Sedangkan pasien meninggal dunia berasal dari Wonosari," tutur dr. Cahyono, Senin (31/8/2020).

Penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 baru hari ini berasal dari Wonosari berjumlah 30 orang, dari Juwiring dan Karangnongko masing-masing berjumlah 1 orang, dari Klaten Utara dan Gantiwarno masing-masing berjumlah 2 orang.

Sementara, Delanggu berjumlah 7 orang, serta dari Kebonarum, Wedi dan Prambanan masing-masing berjumlah 1 orang.

Dari penambahan 46 pasien terkonfirmasi positif covid-19 hari ini, terdapat 42 dua pasien yang merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif covid-19, sehingga diduga pasien terpapar oleh kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Cegah Corona, KPU Klaten Imbau Bapaslon Tak Bawa Pendukung dalam Jumlah Banyak Saat Mendaftar

Sedangkan 3 pasien lain dimungkinkan terpapar pada saat melakukan aktivitas sehari-hari dan 1 pasien lainnya memiliki riwayat perjalanan dari luar wilayah sehingga dimungkinkan pasien terpapar pada saat melakukan perjalanan tersebut.

Sebanyak 42 pasien terkonfirmasi positif covid-19 saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis, sedangkan pasien lain saat ini sedang menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu berjumlah 2 orang, dirawat di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo 1 orang dan RSJD dr. R Soedjarwadi 1 orang.

Sementara satu pasien covid-19 meninggal dunia berasal dari Wonosari berinisial AS (L/64th) yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 tanggal 25 Agustus 2020 dan dirawat di RSUP dr. R Soeradji Tirtonegoro Klaten. Kemudian tanggal 31 Agustus 2020 pasien AS meninggal dunia.

"Gusgas PP Covid-19 Klaten tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," imbuhnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved