Breaking News:

Informasi Cuaca

Yogyakarta Diguyur Hujan, BMKG : Gangguan Cuaca Sesaat Akibat Kovergensi

HUjan di Yogyakarta diakibatkan oleh adanya gangguan cuaca sesaat berupa belokan atau perlambatan kecepatan arah angin di wilayah Pulau Jawa

pexels.com
Ilustrasi Hujan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebutkan terjadi gangguan cuaca sesaat berupa belokan atau perlambatan kecepatan arah angin di wilayah Pulau Jawa.

Hal inilah yang memicu turunnya hujan hampir merata di wilayah Yogyakarta pada Selasa (11/8) malam.

Berdasarkan hasil pemutakhiran citra radar cuaca di wilayah DIY, BMKG Yogyakarta memperoleh data bahwa hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian besar area Kulon Progo, Sleman, Kota Yogyakarta serta Bantul dan Gunungkidul bagian utara.

"Intensitasnya sedang ringan yakni 15-40 mm. Ini biasa terjadi di sela musim kemarau," jelas Kepala BMKG Stasiun Geofisika Sleman, Agus Riyanto dikonfirmasi.

Agus menjelaskan, kondisi demikian diprakirakan akan bertahan selama satu hingga dua hari ke depan.

Sebabnya, terdapat gangguan cuaca yang bersifat sementara dikarenakan adanya konvergensi atau perlambatan kecepatan arah angin di wilayah Jawa.

"Diperkirakan hanya bertahan 1 - 2 hari saja.

Ini hanya gangguan cuaca sesaat akibat konvergensi (belokan dan perlambatan kecepatan angin) di wilayah Jawa," terangnya.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Klimatologi DIY menyebut dalam 2-3 hari ke depan, suhu minimum di wilayah DIY pada malam hingga pagi hari mencapai 20-22 Celcius.

Sedangkan, siang hari suhu maksimum mencapai hanya berkisar 29-31 Celcius.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved