Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

OJK DIY Menilai Performa BPR Masih Terjaga di Tengah Pandemi

OJK DIY menilai performa bank perkreditan rakyat (BPR) di daerah Yogyakarta cenderung masih terjaga meskipun adanya tekanan pandemi Corona.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita Ginting
Ketua OJK DIY, Parjiman 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menilai performa bank perkreditan rakyat (BPR) di daerah Yogyakarta cenderung masih terjaga meskipun adanya tekanan pandemi Corona.

Adapun, total BPR di daerah Yogyakarta sebanyak 64 unit, yang terdiri dari 52 unit BPR konvensional dan 12 BPR syariah.

Ketua OJK DIY, Parjiman menjelaskan, BPR di daerah Yogyakarta pada masa pandemi masih terpantau stabil.

"Sejauh ini, belum ada keluhan dari para industri jasa keuangan termasuk BPR dalam masalah persediaan likuiditas pada masa pandemi," jelasnya kepada TRIBUNJOGJA.COM, pada Senin (10/08/2020).

BPR MSA Serahkan CSR Sembako bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Adapun berdasarkan data dari OJK DIY perbandingan pertumbuhan kredit meningkat hingga 10,23 persen atau Rp6,11 triliun dari perbandingan Juni 2019 dengan Juni 2020.

Sedangkan, pada Juni 2020 dana pihak ketiga dari seluruh BPR daerah Yogyakarta baik deposito dan tabungan terhitung mencapai Rp6,02 triliun atau meningkat sebesar 9,10 persen dibandingkan tahun lalu pada jangka waktu yang sama.

"Kalau iklimnya sepanjang  Maret hingga Juni masih sehat. Soalnya, banyaknya relaksasi dan stimulus yang diberikan pada masa pandemi ini," ujarnya.

Sedangkan, dari sisi likuiditas BPR  dan BPRS daerah Yogyakarta masih mampu tumbuh hingga 10 persen dan rasio LDR mencapai 100,44 persen.

Padahal, untuk likuiditas BPR dapat dikatakan stabil pada angka 5 persen sedangkan rasio Loan To Deposit ( LDR) pada angka 90 persen.

Unik, Lemari Makan Gratis Ajak Warga Jogja Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved