Tips, Cara Mencegah Pilek Saat Suhu Udara Dingin Belakangan Ini

Kondisi suhu udara dingin ini bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh utamanya yang paling sering terjadi adalah pilek.

Editor: Mona Kriesdinar
IST
Ilustrasi influenza atau pilek 

TRIBUNJOGJA.COM – Belakangan ini udara dingin terasa di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya malam dan pagi hari, udara dingin juga sudah mulai terasa pada sore hari.

Kondisi suhu udara dingin ini bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh utamanya yang paling sering terjadi adalah pilek.

Pertanyaannya bagaimana caranya menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena pilek atau supaya tidak jatuh sakit?

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (23 Oktober 2018), meskipun cuaca tidak secara langsung menyebabkan sakit pilek, suhu dingin membuat rhinovirus penyebab pilek lebih mudah menyebar.

Buktinya, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Viruses pada 2016 menemukan bahwa penurunan suhu dan kelembapan selama tiga hari berturut-turut bisa meningkatkan risiko infeksi rhinovirus.

Lalu, studi terhadap tikus belanda yang dipublikasikan dalam Journal of Virology pada 2014 juga menemukan bahwa virus influenza paling mudah menular pada suhu lima derajat celcius.

Di Pulau Jawa, memang jarang ada daerah yang bisa mencapai suhu lima derajat celcius, tetapi jangan lupa kalau suhu yang lebih dingin dari biasanya juga bisa menganggu sistem respons imunitas tubuh sehingga kita menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Pasalnya, menghirup udara dingin dan kering membuat pembuluh darah di saluran pernapasan atas menyempit untuk mempertahankan panas.

Hal ini mungkin membuat sel darah putih lebih sulit mencapai membran mukosa untuk melawat virus.

Selain itu, kita juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan ketika suhu dingin.

Akibatnya, kita lebih berisiko kekurangan vitamin D yang penting bagi imunitas tubuh, sementara virus menjadi lebih mudah menyebar karena jarak antara satu orang ke orang lainnya lebih pendek dari biasanya.

Cara mencegah pilek

Untuk mencegah terinfeksi pilek, maka hal yang harus dilakukan adalah menjaga kekebalan tubuh tetap optimal dan mengurangi paparan virus.

Makanlah makanan yang tinggi vitamin D, seperti ikan yang berlemak, jamur dan telur, untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved