Yogyakarta

Gelar Salat Iduladha, Masjid Gedhe Kauman Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menggelar salat Iduladha 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020). Namun, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, jemaah

TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Masjid Gedhe Kauman yang berada di Kampung Kauman Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menggelar salat Iduladha 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020). Namun, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, jemaah hanya dikhususkan untuk warga setempat.

Bahkan, situasi masjid tetap lengang, lantaran lokasi penyelenggaraannya tersebar di beberapa titik. Mulai dari Mushala Aisyiyah, Gedung Pesantren TK ABA Kauman, serta sejumlah balai RW di lingkungan tersebut.

"Supaya tidak terpusat di Masjid Gedhe saja ya, karena kuota yang tersedia hanya untuk 950 jemaah," jelas Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif.

Salat Idul Adha, Jemaah di Masjid Al-Ikhlas Wonosari Terpantau sesuai Kapasitas Masjid

Oleh sebab itu, pihaknya pun enggan mengambil risiko dengan menyelenggarakan salat ied bagi jemaah umum. Hal tersebut, sekaligus untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan Masjid Gedhe.

"Jadi, yang salat id di Masjid Gedhe hanya jemaah di sekitaran sini saja," terangnya.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja, protokol kesehatan diterapkan secara ketat oleh Takmir Masjid Gedhe, dimana pintu masuk dipusatkan di satu titik saja, dengan rangkaian penjagaan ketat oleh petugas yang disiagakan.

Foto-foto Jemaah Haji di Jabal al-Rahma Mekah Saat Pendemi COVID-19

Selain pengukuran suhu tubuh dengan thermogun, jemaah juga wajib membasuh tangannya lebih dulu menggunakan handsanitizer yang sudah disediakan di pintu masuk.

"Jemaah harus mengenakan masker dan menempati shaf sesuai jarak yang sudah kami beri tanda, lalu membawa sajadah sendiri dari rumah," ucap Azman.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved