Breaking News:

Pendidikan

Permudah Masyarakat Mencari Jasa Tukang, Alumni UMY Kembangkan Platform Betukang.id

Platform Betukang.id mencoba menjawab keresahan masyarakat khususnya di Pontianak yang kesulitan untuk mendapatkan jasa tukang.

istimewa
Tampilan media sosial Betukang.id 

TRIBUNJOGJA.COM - Bermula dari keresahan masyarakat yang kesulitan mencari jasa tukang, alumni Prodi Komunikasi Konseling Islam UMY, Surya Mahardika mengembangkan platform Betukang.id

Platform Betukang.id ini mencoba menjawab keresahan masyarakat khususnya di daerah asalnya, Pontianak, yang kesulitan untuk mendapatkan jasa tukang.

Surya yang merupakan Co-Founder Betukang.id bersama Founder Betukang.id, Dezan Taruna mewadahi para tukang untuk memasarkan jasanya.

Platform ini menyediakan jasa layanan tukang online yang pertama di Pontianak.

"Yang punya ide pertama itu adalah teman saya, Dezan. Awalnya karena kekecewaan terhadap pekerjaan tukang tebas rumput karena tidak sesuai apa yang ditawarkan oleh tukang. Lalu melihat banyak sekali orang yang mencari jasa tukang di media sosial tapi tidak pernah ketemu konsumen," ujarnya kepada Tribunjogja.com, Senin (27/7/2020).

276 Mahasiswa UMY Ikuti KKN Muhammadiyah Mengajar Berbasis IT

Melihat belum banyak tukang yang melek teknologi, bahkan tidak semua tukang memiliki gawai atau pun aktif di sosial media, Dezan dan Surya mengembangkan Betukang.id yang menghubungkan tukang dengan konsumen.

Plaftorm tersebut membantu konsumen dalam mencari tukang atau pun sebaliknya.

"Karena selama ini mereka mencari tukang baru dari mulut ke mulut. Kesulitan nyarinya karena tidak ada media tidak ada market yang mewadahi para tukang," kata dia.

Sejak didirikan pada Desember 2019, Betukang.id telah memiliki 32 mitra tukang, 22 jenis layanan dengan lebih dari 100 panggilan layanan.

Jenis layanan yang disediakan oleh Betukang.id di antaranya yakni tukang AC, tukang bangunan, tukang tebas rumput, tukang listrik, tukang servis elektronik.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved