Breaking News:

Video Detik-detik Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Udara Direkam Penumpang

Sebuah pesawat komersial nyaris bertabrakan dengan jet tempur di langit Suriah, Kamis (23/7/2020).

TWITTER @SamShahravi
Tangkapan layar dari video amatir penumpang pesawat Mahan Air Iran, memperlihatkan kondisi di dalam pesawat yang berantakan, karena hampir bertabrakan dengan jet tempur F-15 Amerika Serikat. Insiden ini terjadi pada Kamis (23/7/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, TEHERAN - Sebuah pesawat komersial nyaris bertabrakan dengan jet tempur di langit Suriah, Kamis (23/7/2020).

Dan momen mengerikan tersebut terekam oleh penumpang pesawat.

Kecelakaan hampir terjadi saat dua jet tempur F-15 Amerika Serikat ( AS) mencegat sebuah pesawat sipil Iran di langit Suriah, Kamis (23/7/2020).

Kantor berita resmi Iran IRIB mengonfirmasi insiden itu pada Jumat (24/7/2020). Mereka awalnya melaporkan satu jet Israel terbang di dekat pesawat Mahan Air, tetapi kemudian meralatnya saat pilot mengatakan ada dua jet AS yang mengidentifikasi dirinya.

Pilot Mahan Air menghubungi pilot jet untuk memperingatkan mereka tentang menjaga jarak aman, dan pilot jet mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Amerika, lapor IRIB yang dikutip Daily Mail Jumat (24/7/2020).

Komando Pusat AS yang mengawasi operasi AS di Timur Tengah mengatakan, "F-15 pada misi udara rutin... melakukan inspeksi visual standar dari pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat."

"Begitu pilot F-15 mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 membuka jarak dari pesawat dengan aman," ucap Komando Pusat.

"Pencegatan profesional dilakukan sesuai dengan standar internasional," tambahnya dikutip dari AFP.

Pernyataan dari AS muncul setelah saluran televisi Iran IRIB menayangkan video amatir, dari para penumpang yang berteriak saat pesawat Mahan Air tampak berubah arah tiba-tiba.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah pesawat jet yang terekam dari jendela Mahan Air.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved